Manfaat Beras Hitam

iklan
berikut ini adalah manfaat beras hitam yang saya rangkum dari berita kesehatan terkini yaitu sebagai berikut:

Beras Hitam Sumber Antioksidan Alternatif

sxc.hu

TEMPO Interaktif, Louisiana - Para ilmuwan menemukan sumber antioksidan yang tinggi dari bahan murah. Sumber antioksidan berasal dari dedak atau beras hitam. Menurut Zhimin Xu profesor dari Departemen Ilmu Makanan di Louisiana State Agricultural University Center kandungan antioksidan dalam sesendok beras hitam melebihi kandungan antooksidan dalam buah blueberry dan blackberry. Sebelumnya, dua jenis beri ini diktehui memiliki tingkat antioksidan yang tinggi.

”Antioksidan yang banyak adalah dari vitamin E, selain itu beras hitam juga kaya akan serat,” kata dia. Oksidasi adalah proses yang menyebabkan berkurangnya kemampuan tubuh atau penuaan. Contoh dari oksidasi adalah metabolisme tubuh, polusi kendaraan, ponsel atau komputer.

Xu menyarankan beras hitam dan dedak beras hitam bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan laiknya buah buahan jenis beri. "Bekatul dari beras hitam akan menjadi materi yang unik dan ekonomis untuk meningkatkan konsumsi antioksidan ," kata dia.

Xu mencatat guna kepentinan kesehatan, dedak beras hitam dapat diolah untuk sereal sarapan, kue, biskuit dan makanan lainnya. Beras hitam juga dapat ditambahkan ke minuman, dan dapat berfungsi sebagai pewarna makanan, yang bisa menghindari pewarna buatan. Para ilmuwan menjelaskan bahwa pigmen dalam dedak beras hitam variasi warnanya berkisar dari merah muda ke hitam. Dalam studi tersebut, para peneliti menguji dedak beras hitam tumbuh di Amerika Selatan dan Amerika.

Studi itu menemukan beras hitam lebih banyak kandungan antioksidannya dibanding beras merah. Beras merah adalah varietas padi paling umum diproduksi di seluruh dunia.
Di Asia, beras hitam adalah paling sering digunakan untuk hiasan makanan, seperti mie atau sushi. Salah satu varietas padi hitam dikenal sebagai "Forbidden Rice". Dalam tradisi Cina kuno, beras hitam untuk dimakan oleh para bangsawan. Hasil studi itu akan dirilis dalam pertemuan nasional American Chemical Society di Boston.
Nur Rochmi | Healthday

Lebih lengkap disini: Beras Hitam Sumber Antioksidan Alternatif | kumpulan askep askeb | download KTI Skripsi | asuhan keperawatan kebidanan
ribuan askep askeb kti skripsi


Wah, Beras Hitam Ternyata Makanan Super

Ellyzar Zachra PB

(dailymail.co.uk)

INILAH.COM, Jakarta- Lupakan buah blueberry atau blackbery yang dianggap berkasiat tinggi. Ilmuwan menemukan beras hitam sebagai makan super baru.

Satu sendok beras hitam dapat memberikan begitu banyak manfaat kesehatan sehingga dinamakan makanan super. Beras asal Asia yang dihancurkan menjadi pecahan halus ini seringkali dikenal sebagai ‘beras berbahaya’ karena bangsawan China kuno melarang masyarakat biasa memakan beras tersebut. Siapapun yang melanggar akan dihukum.

“Satu sendok beras hitam halus mengandung lebih banyak antioksidan antosianin yang berguna bagi kesehatan dibandingkan Anda mengkonsumsi satu sendok blueberry. Tidak hanya itu, beras ini mengandung sedikit gula, lebih banyak serat dan antioksidan vitamin E,” kata Dr Zhimin Xu di Louisiana State University.

“Serbuk beras hitam akan menjadi materi yang unik dan ekonomis dalam meningkatkan konsumsi antioksidan demi menjaga kesehatan,” ujar Xu lagi.

Seperti buah, beras hitam memiliki substansi yang sama menjanjikannya dengan produk yang berguna untuk memerangi penyakit jantung, kanker dan lainnya.

Pabrik makanan berpotensi menggunakan beras hitam atau bahan ekstraksi lain untuk mengembangkan produk kesehatan di makanan cepat saji pagi hari, kue, cookies dan cemilan lainnya.

Penelitian Dr Xu ini dipublikasikan pada konferensi American Chemical Society di Boston.[ito]

Lebih lengkap disini: Wah, Beras Hitam Ternyata Makanan Super | kumpulan askep askeb | download KTI Skripsi | asuhan keperawatan kebidanan
ribuan askep askeb kti skripsi


Beras Hitam Siap Jadi Alternatif Beras Putih

Fitri Yulianti - Okezone
Beras hitam kaya antioksidan yang ditemukan pada lapisan luar yang akan hilang selama proses penggilingan untuk membuat beras putih. (Foto: gettyimages)

MENURUT legenda China kuno, beras hitam sangat langka, lezat, dan bergizi sehingga hanya kaisar yang diizinkan memakannya. Namun waktu telah berubah. Meskipun beras hitam masih relatif langka, peneliti mencoba mengkaji kandungan antioksidan dan cita rasa beras hitam. Bila mungkin, beras hitam menjadi alternatif sumber karbhohidrat.

Seperti halnya beras merah, beras hitam kaya antioksidan yang ditemukan pada lapisan luar yang akan hilang selama proses penggilingan untuk membuat beras putih. Antioksidan yang dikenal dengan anthocyanin, berwarna ungu-kemerahan juga ditemukan dalam blueberry dan anggur. Kesemuanya telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker, perbaikan ingatan, dan manfaat kesehatan lainnya.

Satu sendok makan beras hitam—setara dengan 10 sendok makan beras hitam yang telah dimasak—berisi jumlah anthocyanin yang sama dengan sesendok blueberry segar, menurut sebuah studi yang dipublikasikan American Chemical Society, Boston.

"Saya rasa beras hitam memiliki keuntungan lebih besar daripada blueberry, karena blueberry masih mengandung kadar gula tinggi," kata kepala peneliti, Zhimin Xu PhD, profesor di Louisiana State University Agricultural Center, Baton Rouge, seperti dikutip Health.

Beras hitam saat ini belum tumbuh dalam skala komersial, namun Xu berharap bahwa penelitian akan memacu petani mulai menanamnya. Sebab, kombinasi antioksidan pada beras hitam sangat baik untuk kesehatan.

“Beberapa antioksidan dalam beras hitam (dan cokelat) larut dalam lemak, sedangkan anthocyanin tergolong larut dalam air sehingga dapat menjangkau seluruh daerah tubuh,” kata Joe Vinson PhD, profesor kimia di University of Scranton, Pennsylvania.

Meski masih kurang akrab di telinga, popularitas beras hitam makin melambung. Mengonsumsi beras hitam bukan berarti Anda berhenti mengonsumsi buah-buahan, seperti blueberry, cranberry, dan kismis.

"Blueberry dan nasi hitam menawarkan manfaat berbeda. Dengan makan blueberry, Anda mendapatkan jumlah vitamin C tambahan," kata Moore.(ftr)

Lebih lengkap disini: Beras Hitam Siap Jadi Alternatif Beras Putih | kumpulan askep askeb | download KTI Skripsi | asuhan keperawatan kebidanan
ribuan askep askeb kti skripsi

0 comments: