Meski Tradisional, Jamu Tetap Dicari

iklan
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
Meski Tradisional, Jamu Tetap Dicari
Sep 12th 2011, 13:33

Herbal

02 September 2011 | 11:33 wib

Share :Facebook Twitter
image

(SM CyberNews/Asef F Amani)

OBAT herbal semakin diminati saja. Jamu, obat herbal tradisional Indonesia termasuk di dalamnya yang selama ini masih bertahan. Meskipun banyak beredar obat modern yang mayoritas terbuat dari bahan kimia, jamu tetap banyak dicari konsumen.

Hardi Suparno (63), penjual "Jamu Godok" mengatakan, memang bukan perkara mudah mengembalikan kejayaan jamu seperti dulu. Pasalnya, obat modern banyak beredar di pasaran dan sedikit menggeser kepopuleran jamu.

"Tapi sekarang penggemar jamu mulai banyak lagi. Hal ini tidak lepas dari konsumen yang ingin mengonsumsi kembali obat herbal karena dinilai baik bagi kesehatan," ujarnya di kiosnya Jl Letjend Sarwoedi Magelang.

Ia menjelaskan, sejak berdiri delapan tahun lalu peminat jamunya terus meningkat. Tidak kurang dari 20 gelas jamu seduh per hari dan puluhan bungkus jamu kering terjual setiap hari dengan omset lebih kurang Rp 200 ribu.

"Itu di waktu sepi. Saat ramai bisa lebih dari 30 gelas dengan omset di atas Rp 300 ribu. Belum lagi jamu keringnya yang bisa setiap hari terjual puluhan bungkus," katanya bangga.

Kios yang dimiliki oleh H Gunawan ini senantiasa dikunjungi pelanggan baik dari dalam maupun luar kota Magelang seperti Muntilan, Grabag, dan Purworejo. Selain dikenal lengkap, juga harganya dinilai cukup murah.

"Soal mujarab atau tidak, sebenarnya bukan kuasa kami tapi Tuhan karena Dialah yang menyembuhkan segala jenis penyakit. Kami hanya sebagai perantara," tandasnya.

Karena tradisional, pembuatannya pun dengan cara manual seperti ditumbuk, dirajang, atau diparut lalu dijemur untuk mengurangi kadar air hingga mencapai nol persen. Bahannya sendiri bermacam-macam mulai dari dedaunan, rerumputan, hingga akar-akaran.

"Mencari bahan cukup mudah karena banyak terdapat di lingkungan sekitar, seperti empon-empon, kunyit, jahe, temulawak, kumis kucing, kapulaga, daun salam, jati londo, daun sambiroto, kayu pasak bumi, dan sebagainya," paparnya.

Masing-masing bahan, katanya memiliki khasiat bervariasi seperti mengobati asam urat, wasir, darah tinggi, jantung, kencing manis, kolesterol, radang tenggorokan, dan lainnya. Aturan pemakaian pun berbeda satu sama lain tergantung jenis obat dan penyakitnya.

"Konsumen bisa memilih sendiri jamu yang ada, baik langsung diseduh maupun dibawa pulang dalam bentuk bungkusan. Kalau diseduh cukup Rp 12 ribu per gelas, sedangkan jamu kering Rp 15 ribu per bungkus," jelasnya.

(Asef F Amani/CN33)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

Bookmark and Share

Baca Komentar | Kirim Komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment