Orangtua 'Helikopter' Sebabkan Anak Obesitas?

iklan
Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Orangtua 'Helikopter' Sebabkan Anak Obesitas?
Sep 12th 2011, 01:42

Liputan6.com, Washington DC: Obesitas pada anak-anak bisa disebabkan makanan ataupun pola asuh orangtua. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa orangtua tipe helikopter cenderung membuat anak mereka obesitas. Apa alasannya?

Tipe helikopter adalah orangtua yang berpikir bahwa cinta berarti memusatkan hidup mereka di sekeliling anak. Mereka berjaga-jaga terus di dekat anaknya dan menolongnya kapan saja dibutuhkan. Dengan tipe ini orangtua akan terus memantau anak-anaknya selama bermain di luar dan mencegah mereka terlibat dalam aktivitas fisik tingkat tinggi.

"Banyak orangtua khawatir tentang keselamatan anak-anak mereka, sehingga mereka cenderung terus di dekat anak. Kekhawatiran yang utama saat kita melihat obesitas menjadi epidemi di negeri ini. Berada di dekat anak adalah menjaga anak-anak dari berlari-lari dan bermain dengan teman-teman dan tetangga, dan bahkan mungkin saat duduk di depan komputer atau televisi," kata penulis studi Dr Jason Bocarro di North Carolina State University, dalam sebuah pernyataan tertulis, Senin (12/9).

Untuk penelitian ini, 16 mahasiswa dari universitas menghabiskan delapan minggu mengamati anak-anak yang bermain di 20 taman lingkungan di Durham, NC. "Mahasiwa memberi sandi tingkat aktivitas anak-anak dari menetap, cukup aktif, atau sangat aktif - dan menemukan bahwa memiliki orangtua di dekatnya dapat menekan bermain anak-anak yang sangat aktif sekitar setengahnya," kata Dr Bocarro.

Studi ini dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine.

Dr Bocarro mengatakan, penemuannya ini menunjukkan anak-anak mungkin lebih aktif di luar ruangan dan kurang tergoda oleh permainan video dan kegiatan hiburan lainnya yang menetap, jika orangtua yang overprotective melunakkan kewaspadaan mereka sedikit saja.

"Saya orangtua, dan saya benci memberikan saran kepada orangtua lain," katanya kepada CBS News. "Tapi saya hanya akan mengatakan pikirkanlah jika Anda yang dipantau. Dapatkah Anda mundur dan membiarkan mereka mengeksplorasikan sendiri?".

Tidak ada keraguan bahwa anak-anak butuh bantuan untuk menjaga berat badan. Tingkat obesitas di Amerika Serikat telah tiga kali lipat dalam 30 tahun terakhir. Sekitar 20 persen anak-anak antara usia 6 dan 11 sekarang obesitas, begitu pula dengan 18 persen dari remaja 12 sampai 19 tahun.(MEL)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment