Si Damai, Pekerja Tekun tapi Tak Tegas

iklan
KOMPASfemale
KOMPASfemale
Si Damai, Pekerja Tekun tapi Tak Tegas
Sep 6th 2011, 12:47

KOMPAS.com - Si Damai merupakan satu dari empat tipe kepribadian menurut penulis buku Click!, Erwin Parengkuan. Tiga kepribadian yang pernah dibahas sebelumnya di antaranya Si Gesit, Si Rinci, dan Si Kuat.

Sama seperti tiga tipe kepribadian sebelumnya, Si Damai juga memiliki sisi cerah dan sisi gelap. Orang dengan kepribadian ini lebih kooperatif dan selalu suka menyesuaikan diri di lingkungan barunya. Tak heran jika banyak orang yang menyukainya.

Karakter yang mudah ditemui dari kepribadian ini di antaranya ia termasuk pribadi yang hangat, rajin, patuh, sabar, tekun, suka menolong juga melayani. Ia adalah tipe pekerja, dan menghindari konflik. Sehingga ia selalu meminta pendapat orang lain dan mendahulukan kepentingan orang lain, dan rela berkorban karenanya. Ia pun cenderung menerima apa yang diputuskan orang lain untuknya. Karenanya, kepribadian ini dikategorikan Erwin sebagai Si Damai.

Lantaran Si Damai selalu ingin menyenangkan orang lain, berusaha tak ingin mengecewakan orang di sekitarnya, orang dengan tipe kepribadian ini selalu ingin diterima lingkungannya. Alhasil, ia kerapkali mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan orang lain. Kesan yang muncul dari Si Damai di antaranya kurang percaya diri dan tidak tegas.

Si Damai juga mudah sedih jika merasa tidak dibutuhkan orang lain di sekitarnya. Ia pun kurang berinisiatif lantaran tak berani menunjukkan sikapnya. Tak ayal jika kemudian orang dengan tipe kepribadian ini hanya mencari aman, tak menyukai perubahan, dan tak berani mencoba hal baru. Baginya, hal-hal yang pasti lebih aman daripada melakukan sesuatu yang berbeda namun berisiko membuatnya tak disukai orang lain di sekitarnya.

Menurut Erwin, orang dengan tipe kepribadian seperti ini tidak cocok bekerja sendiri. Berbanding terbalik dengan Si Kuat yang cenderung lebih mampu berkembang dengan bekerja mandiri.

Si Damai lebih mampu memaksimalkan potensinya jika bekerja dalam tim. Ia membutuhkan orang lain untuk membantunya menyelesaikan pekerjaan. Pekerjaan yang cocok untuk tipe kepribadian ini di antaranya customer service dan HRD.

Lantaran memiliki karakter suka melayani dan menolong orang lain, Si Damai yang memiliki kepedulian tinggi juga cocok bekerja sebagai guru, psikiater, perawat dan pekerja sosial.

Sent from Indosat BlackBerry powered by

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment