Nikahi Reni, Ubai Getol Pelajari Seluk Beluk Yogya

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Nikahi Reni, Ubai Getol Pelajari Seluk Beluk Yogya
Oct 18th 2011, 08:54

Lifestyle » Trend and Fashion » Nikahi Reni, Ubai Getol Pelajari Seluk Beluk Yogya
Selasa, 18 Oktober 2011 - 15:54 wib

Dwi Indah Nurcahyani - Okezone

Achmad Ubaidillah (Foto: Dede/Okezone)
Achmad Ubaidillah (Foto: Dede/Okezone)

SADAR menjadi bagian dari keluarga besar orang nomor satu di Yogyakarta, Achmad Ubaidillah yang bergelar Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Yudanegara pun getol belajar tentang berbagai hal terkait Yogyakarta. Hal itu dipelajarinya jauh-jauh hari sebelum resmi menikahi GRAj Nurastuti Wijareni (GKR Bendara) pada hari ini.

 
Keingintahuan pria 29 tahun asal Lampung ini terhadap Yogyakarta begitu kuat. Selain menambah wawasan, tentunya pengetahuan tersebut akan berguna bagi dirinya yang telah menjadi bagian resmi dari Keraton Yogyakarta.
 
"Saya ingin mengetahui semuanya mulai dari adat, prosesi hingga bahasa. Walau bagaimanapun saya menjadi bagian dari Keraton Yogyakarta. Masa ketika orang menanyakan Yogyakarta, saya tidak tahu," katanya ketika berkunjung ke redaksi okezone, Gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta, belum lama ini.
 
Saking semangatnya, pria ramah ini mengaku dirinya sudah mengkhatamkan buku "Tahta Untuk Rakyat, Celah-Celah Kehidupan Sultan Hamengku Buwono IX Jilid 2".
 
"Buku itu sudah selesai saya baca. Jadi, saya mendapat pengetahuan bahwa bandara Adisucipto itu dulunya apa, Sultan HB IX dulu itu bagaimana dengan Belanda dan Inggris, saya sudah bisa menjawab," sambungnya.
 
Sementara itu, mengenai bahasa Jawa  yang masih minim dimilikinya pun tak memupuskan dirinya untuk terus belajar lebih giat.
 
"Saya sering bertanya pada ibu (GKR Hemas) dan Reni. Pasalnya, bahasa Keraton itu kan halus. Saya tidak mau 'sok' tahu dan terkadang justru jadi terkesan kasar tutur katanya. Tapi kalau untuk sekarang, minimal saya sudah 'nyambung' kalau ada orang yang berbicara bahasa Jawa. Selebihnya saya masih terus belajar dan berproses," tutup Ubai.
(tty)
mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment