Bijak 'Menggesek' Kartu Kredit

iklan
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
Bijak 'Menggesek' Kartu Kredit
Nov 7th 2011, 01:53

Tips

31 Oktober 2011 | 10:44 wib

Share :Facebook Twitter
image

Kartu kredit seperti godaan yang menggiurkan. Tinggal gesek, pembayaran Anda dimanapun berjalan aman dan nyaman. Tak hanya itu, kartu kredit menawarkan banyak potongan harga di berbagai toko, resto atau hotel. Namun, dibalik itu semua, kartu kredit bisa pula mendatangkan masalah jika Anda tidak bijak menggunakannya.

Anda dibuat terlena karena pemakaian kartu kredit yang mudah membuat Anda terus menggesekkan kartu kredit tanpa menghiraukan kewajiban yang harus dibayar di akhir bulan. Tak disadari, tagihan kartu kredit sudah terlanjur membengkak.

Seperti disarikan dari laman eHow, berikut ini tips menggunakan kartu kredit secara bijak.

1. Bayarlah penuh tagihan setiap bulannya. Bunga kartu kredit sangat tinggi, jadi jangan menunda membayar tagihan agar tidak dikenakan bunga yang berlipat-lipat.

2. Jangan dulu merasa aman karena ada kartu kredit lalu Anda membeli barang tanpa menyesuaikan dengan budget atau dana yang Anda dimiliki. Jika Anda tidak ada dana dalam bentuk uang cash, sebaiknya jangan gunakan kartu kredit. Pastikan Anda masih memiliki sisa dana untuk melunasi tagihan kartu kredit Anda.

3. Hindari 'menggesek' kartu kredit di tempat-tempat yang tidak bekerjasama dengan kartu kredit Anda. Hal ini bisa merugikan Anda, karena mesin kartu kredit yang tidak support dengan kartu kredit Anda biasanya akan dikenakan charge sebesar 3 persen.

4. Jangan pernah terlena dengan banyaknya penawaran kartu kredit yang menjanjikan banyak kemudahan dan keuntungan. Ingat, semakin banyak kartu kredit yang Anda miliki, itu berarti Anda harus siap direpotkan dengan kewajiban membayar iuran setiap tahunnya. Apalagi, memiliki kartu kredit lebih dari satu mendorong nafsu belanja Anda semakin tak terkontrol.

5. Hindari mengambil uang cash pada kartu kredit, karena bunga yang ditanggung akan sangat besar.

6. Jaga informasi nomor kartu kredit Anda saat membeli barang secara online, karena nomor kartu kredit bisa disalahgunakan dan dipakai oleh orang lain. Jika ingin belanja online, pastikan juga tempat berbelanja tersebut sudah terpercaya.

7. Ceklah tagihan kartu kredit Anda setiap bulannya. Hal ini untuk menghindari kartu kredit Anda terpakai oleh pihak lain.

(maya/CN19)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

Bookmark and Share

Baca Komentar | Kirim Komentar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment