Alasan Tepat Berolah Raga

iklan
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
Alasan Tepat Berolah Raga
Jan 16th 2012, 04:17

image

HIDUP sehat dan bugar dan terhindar dari penyakit tentu menjadi dambaan setiap orang. Berolah raga, guna menyeimbangan diri dari kesibukan sepanjang pekan, tentu seringkali kita dengar.

Namun rutin berolahraga, bagi yang tak terbiasa melakukannya, seakan terasa berat. Perlu ada motivasi yang kuat untuk melakukannya.

Sebuah studi oleh University of Michigan, seperti dikutip dari healthday.com menyebutkan, seseorang akan cenderung lebih terpacu untuk berolah raga jika mendapat dorongan bahwa mereka akan lebih bugar dan berenergi setelahnya. Alasan itu terbukti lebih efektif, ketimbang alasan terhindar dari penyakit berat seperti gangguan jantung dan diabetes di hari nanti.

"Kita perlu mengembangkan pesan baru yang mengajarkan orang bahwa aktivitas fisik adalah cara untuk mengurangi stres mereka pada saat itu. Dengan berolah raga, orang akan merasa lebih baik pada saat itu, membuat lebih banyak energi pada saat itu," kata Michelle Segar, peneliti utama dari Institut untuk Penelitian Perempuan dan Jender di University of Michigan.

Pesan yang perlu disampaikan, tambahnya, yakni bahwa berolah raga akan membuat tubuh lebih produktif. Manfaat berolah raga jangka pendek, ternyata menurut penelitian ini, lebih memotivasi.

Terkait penelitian ini, kuisioner telah diberikan pada 385 perempuan, berusia 40 sampai 60 tahun, terkait aktivitas gerak tubuh dan kesehatan mereka.

Survei menunjukkan, kaum wanita dengan tujuan jangka pendek lebih sering menggiatkan berolah raga dibanding mereka yang memiliki tujuan panjang. "Para wanita yang berolahraga untuk kualitas hidup berlatih lebih sering daripada dua kelompok lainnya," kata Segar. Angkanya pun cukup tinggi, yakni 15 hingga 34 persen.

Bahwa dengan berolah raga kita dapat meningkatkan kualitas kehidupan sehari-hari, mengurangi stres atau meningkatkan suasana hati, merupakan alasan ampuh. "Kesehatan dan penuaan memang sangat abstrak," katanya. Olahraga tentu penting, namun dengan kesibukan yang sangat, seseorang perlu tahu manfaat nyata yang segera dirasakan, tambahya.

(Linda/CN33)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment