Anak-anak yang Aktif Secara Fisik Lebih Berprestasi

iklan
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
Anak-anak yang Aktif Secara Fisik Lebih Berprestasi
Jan 16th 2012, 04:17

image

DI banyak negara, sekolah-sekolah kini lebih fokus pada mata pelajaran akademis seperti matematika dan membaca. Aktivitas-aktivitas lainnya, termasuk pendidikan olahraga, seringkali dikesampingkan. Namun, sebuah riset baru-baru ini menunjukkan, anak-anak yang secara fisik bergerak aktif lebih berhasil secara akademis.

Dalam studi ini, periset dari Pusat Kesehatan Universitas VU di Amsterdam menggabungkan hasil-hasil berbagai studi sebelumnya dari Amerika Utara dan Afrika Selatan. Penelitian itu mengambil sample pada 55.000 anak berumur 6 hingga 18 tahun. Dalam kajiannya, periset mencoba menemukan keterkaitan antara aktivitas fisik dan perkembangan prestasi akademis anak.

"Berdasarkan hasil-hasil studi kami, kami bisa simpulkan bahwa aktif secara fisik bermanfaat bagi prestasi akademis," ujar Amrika Singh, ketua tim periset.

Dalam hasil penelitian, seperti diterbitkan dalam Archives of Pediatric and Adolescent Medicine, Amika Singh menguraikan terdapat dua penjelasan biologis terkait aktivitas fisik dengan prestasi anak di sekolah.

"Pertama, penjelasan fisiologis, misalnya jika semakin banyak aliran darah, maka semakin banyak oksigen masuk ke otak. Aktif secara fisik berarti memproduksi hormon, seperti endorfin lebih banyak. Endorfin mengurangi tingkat stress dan memicu perasaan menjadi lebih baik," ujarnya.

Peneliti juga menemukan, anak yang teratur beraktivitas fisik, lebih mudah berkonsentrasi dalam menerima pelajaran.

(Linda,VOA/CN33)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment