Pilah-Pilih Sports Bra

iklan
KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Pilah-Pilih Sports Bra
Jan 15th 2012, 00:00

Pilihlah penyokong payudara yang tepat saat Anda berolah tubuh. Ikuti petunjuk tepat memilih sports bra. Coba dulu, baru beli...

KapanLagi.com - Hal utama yang wajib diketahui: sports bra akan makin naik saat Anda berolahraga. Saat beraktivitas seperti berlari, payudara tak hanya bergerak ke atas dan ke bawah, tapi juga ke samping kiri dan ke samping kanan dan membuat pola seperti kupu-kupu. Tanpa penahan, payudara yang berukuran A, akan bergerak dari posisinya sekitar 3.75 cm ke segala penjuru, sementara payudara berukuran D bisa sampai 5-7.5 cm.

Sports bra yang baik bisa mengurangi pergerakan tersebut hingga setengahnya, yaitu sekitar 53 sampai 59 persen untuk payudara berukuran A maupun D. Itu adalah kunci memilih struktur pendukung terbaik bagi payudara Anda, ucap Joanna Scurr, Ph.D., pakar biomekanik di University of Portsmouth, Inggris yang mempelajari soal pemantulan. Payudara terbuat dari jaringan lembut, dan bukan otot. Penahan adalah kulit di sekitarnya dan otot ligamen dada yang letaknya di dalam (internal Cooper's ligaments), yaitu jaringan elastis berupa gulungan yang berfungsi untuk menahan guncangan. Kegiatan lompat-lompat, faktor keturunan dan gravitasi adalah 3 hal yang bisa mengurangi elastisitasnya. "Peregangan permanen yang terjadi karena 3 faktor tersebut bisa menyebabkan payudara mengendur," ucap Scurr.

Bagaimana membuatnya tetap elastis? Lakukan hal tepat. Maksimalkan penahan payudara dengan mengetahui tip memilih sports bra dari para pakar.

Apa Tipe Bra Yang Cocol Untuk Anda?

Saat kami membuat survei kecil tentang kesalahan umum para wanita dalam memilih sports bra, hasilnya sungguh kompak; penggunaan cup yang lebih kecil dan pemilihan karet lingkar dada yang lebih longgar dari semestinya. Ini berdasarkan survei oleh FITNESS ke Linda's Bra Salon di New York, AS. Hasilnya, rata-rata mereka harus memakai bra berlingkar dada 5 cm lebih dan cup lebih besar. Coba, cek bagan di bawah untuk mengetahui jenis sports bra yang cocok untuk Anda.

Tanpa busa atau pakai busa?

Sports bra tanpa busa atau rata baik untuk pemilik payudara mungil dan rata (cup A/B) dan cocok untuk olahraga ringan hingga menengah. Sports bra dengan busa yang terpisah sangat baik digunakan untuk pemilik payudara besar.

Tali menyilang atau sejajar?

Sports bra model racerback atau menyilang di bagian punggung, lebih kuat melekat dan mengikat ke tubuh dengan lebih baik. Sehingga, model ini memberi sokongan ke payudara lebih baik.

Sports bra bertali sejajar, membantu menyeimbangkan bobot tubuh lebih baik ketimbang sports bra menyilang. Selain itu, lebih mudah disesuaikan dan diberi bantalan busa.

Tanpa kaitan atau pakai kaitan di belakang?

Sports bra tanpa kait atau pull over biasanya lebih maksimal memberi sokongan ketimbang bra yang bisa dibuka bagian belakangnya. Tingkat kekencangannya tak fleksibel karena ukurannya sudah baku. Bra ini membantu payudara berukuran besar tetap berada di tempatnya.

Bra bukaan belakang biasanya lebih fleksibel. Karet di bagian dada memberi sokongan pada payudara hingga 70% dan bisa disesuaikan kekencangannya. Ini tentu jadi hal penting untuk pemilik payudara besar.

Coba sebelum membeli

Bagaimana Anda mengetahui sports bra yang Anda pilih di toko, bisa menopang "gunung kembar" Anda dengan maksimal? "Ada tiga hal yang penting untuk diperhatikan dalam memilih sports bra: tali, cup dan lingkar karet penahan, termasuk bagian sampingnya," ucap Susan Sokowski, senior innovation manager Nike di Beaverton, Oregon, AS. Berikut adalah cara mengetes sports bra sebelum membelinya:

Tali. Pegang tali bagian atas dan bagian tengah cup, lalu tarik. Lihat apakah semuanya saling menyesuaikan atau tidak? Semakin sulit tali bagian depan merenggang, maka semakin baik kontrol pergerakan payudara didapatkan.

Cup. Ulangi tes serupa dengan menarik bagian atas dan bagian bawah cup. Semakin sulit mulur, semakin baik daya kontrol pergerakan payudara. Lalu, pakai bra yang Anda pilih, apapun modelnya (dengan atau tanpa busa). Bra yang baik akan 'memegang' seluruh payudara Anda, tak ada yang tersisa. Jika tidak, pilih cup yang ukurannya lebih besar.

Karet dada atau samping. Sisipkan satu jari ke bawah karet di antara belahan kedua payudara; seharusnya Anda akan sulit menariknya lebih dari 2.5 cm dari dada (untuk model bra yang memiliki pengait, kaitkan di bagian terluar. Jika Anda baru merasa pas dengan menggunakan pengait terdalam, pilih karet dada yang lebih kecil. Selanjutnya, angkat tangan melewati kepala. Jika karet dadanya bergerak, berarti ukurannya terlalu besar. Sama seperti kasus sebelumnya, pilih ukuran karet dada yang lebih kecil.

Bikin Awet Sports Bra Anda

Ikuti tip dari Joanne Sessler, design director produk Champion.

1. Cuci dengan air dingin dan deterjen.

2. Hindari pemakaian pelembut dan pemutih.

3. Keringkan dengan diangin-anginkan. Jika menggunakan mesin pengering, gunakan pengering dingin. Panas bisa merusak materi bahan spandex.

4. Ganti bra jika serat bahan spandex mulai terlihat atau bahannya tak lagi terlihat baik bentuknya (umumnya, masa pakai bahan spandex untuk pemakaian wajar adalah 9-15 bulan). (Fitness/miw)

Source: Fitness Magazine, Edisi Desember 2011, Halaman 57

Provided by:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment