Pria Ini Dapat Tersenyum Usai Transplantasi Muka  

iklan
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Pria Ini Dapat Tersenyum Usai Transplantasi Muka  
Jan 15th 2012, 08:53

Minggu, 15 Januari 2012 | 15:02 WIB

TEMPO.CO, Texas - Setelah kehilangan muka selama tiga tahun, akhirnya Wiens Dallas kembali mendapatkan wajahnya. Tidak hanya itu saja, dia bahkan sudah bisa tersenyum kembali.

"Kemampuan tersenyum pada wajah saya, meski tanpa disengaja, merupakan hal yang sangat luar biasa," kata Wiens.

Pada 2008 lalu, wajah Wiens habis terbakar. Kejadian itu bermula ketika pria 25 tahun itu memetik ceri. Tanpa disadari, kepalanya menyentuh kabel listrik tegangan tinggi. Seketika dia kehilangan muka dan mengalami kebutaan.

Sejak saat itu, dalam menjalani puluhan kali operasi. Hingga pada Maret 2011, dokter berhasil melakukan transplantasi wajah pada Dallas. Dia pun memiliki muka baru, namun belum dapat melihat.

Wiens merupakan satu-satunya pasien di Amerika yang berhasil menjalani operasi transplantasi wajah. Selain dia, sebelumnya ada dua pasien lain. Namun hanya Wiens yang tidak mengalami penolakan akut transplantasi selama enam bulan pertama.

Di dunia, transplantasi wajah pertama dilakukan di Prancis pada 2005. "Sejak saat itu, tercatat 18 pasien telah mentransplantasi mukanya dengan hasil menjanjikan," tulis The New England Journal of Medicine.

Untuk bisa mengaktifkan kembali indra wajahnya, Wiens menjalani sejumlah terapi fisik. Misalnya dengan melatih kontrol bibir untuk minum dari gelas. "Saat ini saya bisa kembali merasakan penciuman," ujar Wiens.

AP | NY DAILYNEWS | CORNILA DESYANA

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment