Ragam Herbal Pereda Hipertensi

iklan
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
Ragam Herbal Pereda Hipertensi
Jan 17th 2012, 04:29

image

TEKANAN darah tinggi, atau yang juga disebut hipertensi, kini dapat menyerang siapa saja. Jika dahulu penyakit ini identik dengan kaum usia senja, kini banyak orang berusia produktif yang terkena tekanan darah tinggi.

Pola hidup yang tidak teratur dan makan yang tidak sehat, masih menjadi penyebab utama hipertensi, selain faktor keturunan. Gejala seperti sakit kepala, kelelahan, mual, muntah, sesak napas, gelisah, dan peradangan sering kali mendera mereka yang terkena hipertensi.

Untuk meredakannya, berbagai macam obat sesuai anjuran dokter biasanya dikonsumsi. Namun, ternyata banyak macam herbal atau bahan alami, seperti sayur, buah dan rempah yang baik dikonsumsi dan terbukti mampu menurunkan tekanan darah. Berikut beberapa resep alami yang terbukti baik menormalkan tekanan darah. 

1. Daun Salam

Daun salam, atau yang dalam Bahasa Arab berarti selamat, damai atau baik ini kerap digunakan sebagai bumbu masak. Adalah kandungan flavonoid, tanin, dan minyak asiri (sitral, eugenol) yang menimbulkan rasa kelat pada daun salam yang menjadikannya berkhasiat. Untuk mengobati hipertensi, ambillah 15 lembar daun salam yang masih segar, dicuci, lalu direbus dengan tiga gelas air. Biarkan mendidih hingga air rebusan menyusut menjadi satu gelas, kemudian dinginkan. Air rebusan yang telah disaring kemudian dapat diminum. Lakukan dua kali sehari sebelum makan.

2. Rumput Laut

Penelitian oleh ilmuwan dari Universitas Sheffield Hallam, Inggris menyebutkan butiran rumput laut atau granul disarankan bagi penderita hipertensi. Konsumsi garam harian bagi penderita hipertensi memang disarankan untuk dibatasi, yakni maksimal 6 gram sehari. Sebagai varian, rasa asin pada rumput laut dapat digunakan. "Rasanya enak dan kuat bila dicampur dengan makanan. Manfaatnya pun jelas," kata Dr Craig Rose dari Seaweed Health Foundation.

3. Ketimun

Buah hijau muda dari India ini ternyata berfungsi sebagai obat, selain sebagai bahan kosmetika. Buah yang mengandung banyak air ini mampu meringankan gejala rematik, menghaluskan kulit, melembabkan kulit, melancarkan pencernaan, hingga meringankan penyakit hipertensi. Bagi yang ingin menurunkan tekanan darah tinggi, disarankan untuk meminum sari ketimun 2-3 kali sehari, atau mengkonsumsinya begitu saja. Adalah kandungan mineral yaitu potassium, magnesium, dan fospor pada mentimun yang berkhasiat mengobati hipertensi.

4. Blewah

Nutrisi kalium yang terkandung dalam blewah terbukti bermanfaat mengendalikan tekanan darah. Blewah kaya akan gula dari monosakrida, seperti sukrosa dan fruktosa, baik untuk menghidrasi tubuh serta membantu pengeluaran asam urat dari dalam tubuh. Daging buah blewah dapat dicampurkan dengan racikan buah lain dalam es buah.

5. Mengkudu

Penelitian terkait khasiat mengkudu oleh Departemen Farmasi Universitas Indonesia (UI) dengan ketua oleh Prof Doktor Sumali Wiryowidagdo belum lama ini. Ternyata ditemukan, kandungan scopoletin pada buah bernama lain pace ini dapat mengontrol tekanan darah tinggi.

"Zat ini bermanfaat melebarkan pembuluh darah yang menyempit, sehingga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam jangka panjang mengkudu ini menjaga stabiltias tekanan darah normal pada penderita diabetes," kata Prof Sumali. Untuk mendapat khasiatnya, buah mengkudu dapat dicuci, lalu dijus atau diparut. Ampas parutan kemudian diperas dan disaring. Air yang terkumpul dapat diminum setiap hari.

6. Bawang Putih

Selain dapat ditambahkan pada masakan sebagai bumbu, bila diolah, racikan bawang putih mampu menurunkan hipertensi. Suplemen bawang putih, sebagai pendamping obat medis, bahkan telah disarankan oleh para dokter di Austria untuk para pasien hipertensi.

Untuk mendapatkan khasiatnya, tumbuk halus tiga siung bawang putih. Lalu peras dan saring hasil tumbukan untuk diminum rutin setiap hari. Opsi lain, panggang dua siung bawang putih untuk kemudian langsung dimakan. Cobalah untuk melakukannya setiap pagi selama tujuh hari.

7. Terong Ungu

Kadar kalium yang tinggi dan natrium yang rendah pada sayur bernama latin Solanum melongena L ini, membuat terung baik untuk mencegah hipertensi. Masakan dengan bahan terong ungu, dengan sedikit garam, baik dikonsumsi penderita hipertensi. Atau gunakan 250 gram terung ungu, 30 gram rambut jagung, 150 gram akar alang-alang direbus dengan 1 liter air hingga tersisa 400 cc, lalu disaring dan diminum airnya selagi hangat. Lakukan secara teratur dua kali sehari.

(Linda/CN33)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment