Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran: “Meretas Sejarah Menuju Peradaban Kedokteran Islami” (Bahasa)

iklan
Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran
Just another WordPress weblog
"Meretas Sejarah Menuju Peradaban Kedokteran Islami" (Bahasa)
May 23rd 2012, 04:58

Dewan Keluarga Masjid Asy Syifaa' Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran – Rumah Sakit dr.Hasan Sadikin mengadakan ta'lim;  Talkshow ""Meretas Sejarah Menuju Peradaban Kedokteran Islami" dalam rangka memperingati 104 Tahun Hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 21 Mei 2012 di Gedung Rumah Sakit Pendidikan di Jalan Eijkman No.38, Bandung, pukul 16.00 s.d selesai.

Acara ini memanfaatkan momen hari kebangkitan nasional sebagai refleksi  dalam membangun kembali peradaban kedokteran Islam dengan mengambil hikmah dan belajar dari sejarah bahwa peradaban kedokteran islam itu pernah terwujud dan mencari tahu kunci keberhasilannya.

Acara secara keseluruhan berlangsung dengan baik dan mendapat sambutan yang luar biasa. Ruangan yang hanya berkapasitas 50 orang terisi  penuh oleh peserta yang melebihi target yaitu sekitar 64 orang yang berasal dari kalangan konsulen, residen, dokter umum, dokter muda, dan masyarakat umum. Sebagian besar peserta sangat antusias mengikuti rangkaian acara yang cukup padat ini dari materi pertama hingga materi kedua.

Sesi materi pertama diisi oleh Adang Sudrajat,dr.,MARS dan dimoderatori oleh Genis Ginanjar,dr. Beliau memaparkan tentang prinsip pengobatan pada zaman Rasulullah dan peran dokter muslim hingga masa kekhalifahan Turki Ustmani. Sedangkan pembicara kedua, Prof.Dr.Rully MA Roesli,dr.,SpPD, KGH memaparkan tentang peran dokter muslim pada era globalisasi bermula dari tantangan-tantangan yang bermunculan seiring dengan perkembangan teknologi, hingga persiapan dalam menghadapi tantangan tersebut. Di antara materi pertama dan materi kedua terdapat pemutaran film berdurasi lima menit yang menampilkan  peran dokter muslim di Indonesia pada masa penjajahan, kebangkitan nasional, hingga merdeka serta mempertahankan kemerdekaannya.

Acara ditutup dengan pembagian plakat kepada kedua pembicara dan moderator serta pengambilan foto perwakilan panitia dengan kedua pembicara dan moderator.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment