Deden Siswanto Desain 100 Baju Pemain 'Lutung Kasarung'

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Deden Siswanto Desain 100 Baju Pemain 'Lutung Kasarung'
Dec 27th 2011, 11:44

DEDEN Siswanto mendapatkan tantangan baru untuk mendesain busana. Kali ini, tawaran untuk merancang busana pertunjukan musikal "Lutung Kasarung" menghamipirinya.
 
Sebuah pertunjukan musikal berlatarbelakang cerita legenda akan dihelat mulai 27 Desember 2011-1 Januari 2012 di Gedung Sasana Budaya Ganesha, Bandung. Adalah cerita legenda "Lutung Kasarung" yang menjadi tema dalam pertunjukan garapan Didi Petet tersebut.
 
Desainer asal Kota Mojang, Deden Siswanto pun kebanjiran order dari adanya pergelaran akbar berkemas budaya itu. Pasalnya, dirinya mendapatkan kesempatan untuk merancang busana untuk keperluan pertunjukan yang berkisah tentang perjalanan Sanghyang Guruminda yang dikutuk menjadi lutung dan diturunkan ke dunia dari negeri kayangan. Dalam legenda tersebut diceritakan bahwa wujudnya kembali sebagai pangeran tampan setelah bertemu Dewi Purbasari.
 
"Iya, saya mendapatkan kesempatan untuk merancang kostum pemain yang berperan sebagai rakyat sampai dengan penghuni istana. Saya bekerja sama dengan Kania Roesli," tuturnya saat dihubungi okezone melalui sambungan telepon baru-baru ini.
 
Dituturkannya, busana yang digarapnya bersama Kania tetap bersifat kontemporer walau latarbelakang pertunjukan musikal merupakan cerita legenda dari daerah. Ada sekira 100 outfit lebih yang dikerjakannya dalam waktu singkat.
 
Untuk menggarap busana tersebut, Deden berbagi tugas dengan istri dari almarhum Harry Roesli. "Kania mengerjakan kostum untuk rakyat, sementara saya mengerjakan pendukung lainnya termasuk penghuni istana," tuturnya.
 
Dalam desain yang ditampilkan tersebut, lanjut Deden, dirinya pun menyulap semaksimal mungkin busana yang ditampilkannya agar tak terlihat tradisional.
 
"Kain batik bawahan ada yang saya buat celana panjang. Jadi, ada unsur masa kini sehingga tidak  harus terkesan Jawa Barat saja. Ada unsur budaya lain yang saya masukkan namun tetap bercita rasa Indonesia," tutupnya.
(tty)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment