Beri Waktu Berkualitas pada Balita Aktif

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Beri Waktu Berkualitas pada Balita Aktif
Feb 15th 2012, 07:15

ANAK-ANAK tidaklah bodoh, mereka tahu apakah kita benar menaruh perhatian kepada mereka atau tidak. Anak-anak di usia 3-5 tahun sedang mengalami masa transisi.


Di satu sisi mereka bisa bertindak lebih mandiri dan kurang bergantung pada orangtua. Namun, kemudian di sisi lain, anak balita tetap membutuhkan dan bergantung pada orangtua dan lingkungan keluarganya.
 
Karenanya, mereka pun tetap menginginkan perhatian Anda sebagai orangtua. Namun, kebanyakan orang tua tidak menyadari pentingnya hal ini dan malah membiarkan anak mereka larut dalam pengasuhan baby sitter atau pembantu rumah tangga.

Kesibukan menjadi alasan utama keadaan ini. Padahal, kasih sayang sebenarnya yang dibutuhkan anak, tentu saja tetap dari orangtua. Jika pun orang tua mempunyai waktu untuk bermain dengan si kecil, ponsel yang berdering cenderung mengalihkan perhatian mereka. Belum lagi ketika mereka harus mengajak anak bermain sambil mengerjakan pekerjaan lain.
 
"Anak-anak tidaklah bodoh, mereka tahu apakah kita benar menaruh perhatian kepada mereka atau tidak," kata Lawrence J Cohen PhD, seorang psikolog.
 
Jalan terbaik adalah dengan memberikan kualitas waktu kepada anak, bukannya kuantitas. Lebih baik Anda mengajaknya bermain selama 90 menit penuh dengan antusias dan mencurahkan seluruh perhatian kepada anak, ketimbang menghabiskan seharian penuh, namun terganggu dengan aktivitas lain. Adapun yang perlu orangtua ketahui juga adalah menginjak usia 3-5 tahun, anak-anak bisa saja mulai mengembangkan sikap negatifnya, sebut saja berbohong.

Reaksi Anda ketika mengetahui sang anak berbohong, pastilah terkejut. "Emosi orang tua bisa langsung terbawa, pikiran mereka lantas membayangkan sang anak akan hidup dengan menjadi seorang pembohong," kata Lawrence.
 
Tidak perlu bereaksi terlalu berlebihan dengan masalah ini. Sejatinya berbohong adalah tindakan normal yang dilakukan anak dalam masa perkembangannya. Katakan kepadanya, berbohong tidak baik dan ibu merasa akan lebih senang kalau kamu mengatakan yang sejujurnya. Ingat, perilaku tidak akan berubah hanya dalam satu malam. Jika keesokan hari Anda masih menemukannya berbohong, coba lagi untuk memberikan pengertian kepadanya.
(tty)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment