Balada Sol Merah, Louboutin Ajukan Banding ke YSL

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Balada Sol Merah, Louboutin Ajukan Banding ke YSL
Aug 17th 2011, 10:01

Lifestyle » Trend and Fashion » Balada Sol Merah, Louboutin Ajukan Banding ke YSL
Rabu, 17 Agustus 2011 - 17:01 wib

Fitri Yulianti - Okezone

Christian Louboutin. (Foto: Styleite)
Christian Louboutin. (Foto: Styleite)

BEBERAPA hari lalu, pengadilan New York memutuskan Christian Louboutin kalah dari Yves Saint Laurent dalam kasus sol merah. Loubuotin tidak terima dan berencana mengajukan banding.

Red sole atau sol merah telah menjadi trademark brand Christian Louboutin dan menjadi favorit para bintang, termasuk Kate Moss, Kim Kardashian, dan Victoria Beckham. Tidak mengherankan bila kemudian Louboutin mengajukan tuntutan hukum kepada YSL yang dinilai melakukan plagiarisme sol merah tersebut.

Dalam laporannya kepada pihak berwajib, Louboutin mengatakan YSL menjual sepatu dengan sol merah yang identik secara virtual dengan koleksi miliknya. Plagiarisme dinyatakan "mungkin menyebabkan kebingungan, kekeliruan, dan penipuan di kalangan masyarakat pembeli."

"Louboutin adalah desainer pertama yang mengembangkan gagasan sol merah pada sepatu wanita. Lokasi warna cerah di sol mampu memikat ketika seorang wanita berjalan atau di red carpet pada acara khusus," seperti tertulis di laporannya, seperti dilansir Dailymail, Rabu (17/8/2011).

Louboutin melaporkan kasus plagiarisme ke pengadilan negeri Manhattan dan meminta pihak berwajib membawa kasus tersebut ke meja hijau dengan tuntutan ganti rugi sebesar USD1 juta. Namun, YSL segera membantah bahwa Louboutin tidak berhak memonopoli warna sol sepatu. Tim hukum YSL berkata, "Merek dagang Louboutin seharusnya tidak pernah diberikan. Kita tidak bisa membayangkan setiap perancang dibolehkan memonopoli warna."

Setelah melewati empat bulan masa persidangan, beberapa hari lalu hakim tidak memenangkan tuntutan Louboutin. Ia menilai, sol merah pada sepatu Louboutin tidak memiliki hak paten yang legal meski telah diciptakan sejak 20 tahun lalu oleh Loubuotin. Ciri khas tersebut hanya dikenal luas oleh kalangan fesyen sebagai merek sepatu dengan sol merah. YSL bahkan tetap memproduksi sepatu bersol merah yang merupakan bagian dari koleksi Cruise 2011 di saat pengadilan terus berlanjut.

Keputusan sudah dibuat, tapi Louboutin memutuskan untuk mengajukan banding. Karenanya, kasus belum usai dan hakim memerintahkan kedua pihak untuk kembali ke pengadilan akhir pekan ini.

(ftr)
mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment