Merokok Bisa Bikin Pikun?

iklan
Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Merokok Bisa Bikin Pikun?
Sep 22nd 2011, 01:04

Liputan6.com, London: Rokok berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya perokok bisa kehilangan sekitar sepertiga dari ingatan mereka sehari-hari. Namun dampak itu akan berkurang jika berhenti merokok.

Sebuah studi di Northumbria University telah menunjukkan bahwa perokok kehilangan banyak memori mereka dibandingkan dengan yang tidak merokok. Dan penelitian juga menemukan bahwa mereka yang menendang kebiasaan merokok terlihat mampu memulihkan ingatan dan mengumpulkan informasi ke tingkat yang hampir sama dengan bukan perokok.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 70 responden yang berusia 18 sampai 25 tahun. Mereka yang ambil bagian diminta untuk mengingat sesuatu dengan detail dengan melakukan berbagai tugas sebagai uji memori, Kamis (22/9).

Hasilnya, perokok tampil buruk. Mereka hanya mengingat 59 persen dari tugas. Tetapi mereka yang telah berhenti merokok mampu mengingat 74 persen dan mereka yang tidak pernah merokok mengingat 81 persen tugas.

Dr Tom Heffernan dari Northumbria University mengatakan, temuan ini akan berguna dalam kampanye anti-merokok. "Di Inggris ada sekitar 10 juta perokok dan 45 juta di Amerika Serikat. Sangat penting untuk memahami efek merokok pada fungsi kognitif sehari-hari, contohnya adalah ingatan," jelasnya.

"Ini adalah penelitian pertama yang mempelajari apakah melepaskan kebiasaan merokok memiliki dampak pada memori," katanya.

"Kita sudah tahu bahwa berhenti merokok memiliki manfaat kesehatan yang besar bagi tubuh, tapi studi ini juga menunjukkan bagaimana berhenti merokok dapat bermanfaat juga untuk fungsi kognitif".(Dailymail/MEL)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment