Siraman di Rumah Aliya Rajasa Mulai Pukul 13.00

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Siraman di Rumah Aliya Rajasa Mulai Pukul 13.00
Nov 22nd 2011, 05:02

USAI menjalani pengajian, prosesi siraman menjadi ritual berikutnya. Rencananya, pukul 13.00 ritual penyucian diri di kediaman Siti Ruby Aliya Rajasa dimulai.
 
Proses siraman yang dimaksudkan sebagai penyucian calon pengantin sebelum menjalani akad nikah dengan Edhie Baskoro Yudhoyono sedang dijalani calon menantu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Aliya Rajasa, Selasa (22/11/2011).
 
Ritual pada mulanya diawali dengan pengajian yang diikuti sekira 250 orang, baik dari pihak keluarga, tamu undangan, dan jamaah pengajian. Setelah itu, acara akan dilanjutkan dengan ritual utama, yakni proses siraman yang dilakukan pada pukul 13.00 WIB.
 
Garis besar acara yang menggunakan adat Jawa tersebut mulanya akan diawali dengan pemasangan bleketepe dan tuwuhan oleh orangtua mempelai calon pengantin wanita. Setelah itu, dilanjutkan dengan pencampuran air siraman, sembah sujud calon pengantin perempuan kepada kedua orangtua, siraman calon pengantin perempuan oleh kedua orangtua, keluarga yang dituakan dan kerabat dekat, potong rikmo (potong rambut calon pengantin perempuan), calon pengantin wanita berkerik/paes, ramah tamah.
 
Terakhir, calon pengantin perempuan menjalani tanam rikmo, yakni potongan rambut calon pengantin perempuan dibawa keluar dari kamar pengantin dan diberikan kepada ayahanda, Hatta Rajasa untuk disatukan dengan rambut calon pengantin pria yang dibawa bersamaan dengan air siraman dari kediaman calon pengantin wanita dan ditanam di tempat yang telah ditentukan.
(tty)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment