Wajah dalam Balutan Jilbab  

iklan
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Wajah dalam Balutan Jilbab  
Aug 15th 2011, 04:32

TEMPO Interaktif, Artis Thalita Latief tampak berbeda dengan penampilan kerudung yang menutupi seluruh wajahnya. Jilbab, begitu kini orang menamakan kerudung itu. Bahan satin berwarna biru itu membungkus wajahnya yang berbentuk oval, sehingga terlihat lebih segar dan menawan. Thalita, yang malam itu memandu acara gelar hadiah bagi penonton yang disponsori sebuah operator telepon seluler, mengenakan jilbab panjang yang diikatkan ke belakang.

"Untuk wajah seperti Thalita bebas memakai jilbab apa saja karena bentuknya sangat serasi, bisa dipadupadankan dengan jilbab pendek, panjang, dan sebagainya," kata penata rias khusus pemakai kerudung, Susanti.

Susanti biasa mendandani artis yang ingin tampil menarik dengan jilbab disesuaikan dengan bentuk wajah. "Tak bisa dimungkiri, seiring dengan perkembangan zaman, maka jilbab, kerudung, atau hijab kini menjadi sebuah tren," ujarnya. Ada hal penting, menurut Susanti, berjilbab harus menutup aurat, bukan dengan bahan transparan dan tidak menampakkan lekuk-lekuk tubuh tertutup itu, hanya tampak wajah dan telapak tangan.

Pendapat senada dikatakan artis Cheche Kirani. Berdasarkan pengalamannya ia sering menerima keluhan perempuan yang ingin berjilbab tapi tak percaya diri terhadap bentuk wajah atau tubuh. "Saya membesarkan semangat mereka seraya mengatakan, 'Ayo, berjilbab itu indah!'" katanya.

Namun, menurut istri Ustad Aa Hadi itu, akan lebih indah lagi bila bisa memadukan dengan bentuk wajah atau tubuh. "Sekarang banyak kok buku-buku atau salon muslimah yang bisa membantu penampilan berjilbab," katanya. Perancang busana Hanie Hananto juga memberi semangat kepada para perempuan agar tidak takut, merasa khawatir, atau rendah diri untuk berkerudung. "Kuncinya, harus percaya diri," ujarnya.

Di bawah ini tip memadukan bentuk wajah dengan jilbab dari Susanti.

Wajah oval
Bentuk wajah ini bisa dikatakan bentuk wajah idaman, sehingga bisa bebas memilih kerudung, bahkan dapat mengabaikan pemakaian bando.

Wajah segitiga
Dagu panjang adalah ciri utama bentuk wajah segitiga, ditambah dengan jarak pelipis yang lebih lebar dibanding jarak pangkal rahang. Gunakan kerudung yang ditarik sejauh mungkin ke belakang dan bertemu di tengkuk agar bagian rahang tampak terbuka. Untuk mengisi bagian yang kosong di samping kiri-kanan telinga disarankan menggunakan ciput rajut tampak penuh (berisi) di bagian samping yang mampu mengisi kekosongan. Agar bagian kening lebih terangkat, gunakan headband atau bando yang bervolume di bagian samping dan atas sebelum memakai ciput.

Wajah kotak
Ciri bentuk wajah ini adalah lebar antar-pelipis dan antar-pangkal rahang kurang-lebih sama, tulang rahang yang terlihat kuat, serta dagu yang samar. Dalam ber-make-up, bentuk wajah kotak membutuhkan shading berwarna gelap di bagian pelipis, dekat telinga, hingga rahang. Bedanya, yang disembunyikan pada bentuk wajah kotak ini adalah kerasnya bentuk rahang. Dalam berkerudung dapat dilakukan dengan menyembunyikannya di dalam kerudung. Lalu gunakan bando yang berisi di bagian atas supaya terkesan bentuk wajah tampak lebih memanjang.

Pemilik bentuk wajah persegi juga disarankan mengenakan jilbab melingkar (rounded shape) yang akan membingkai wajah menjadi lebih lembut dan menghilangkan garis-garis tajamnya. Hindari pemakaian warna jilbab yang keras dan mencolok, gunakan warna lembut atau layer, sehingga wajah terlihat lebih utuh.

Wajah panjang
Cirinya adalah dagu yang panjang dan kening relatif tinggi dengan jarak pelipis yang sama dengan jarak rahang. Maka, untuk mengurangi tinggi kening disarankan untuk menggunakan ciput (dalaman jilbab) berisi di bagian kanan dan kiri dengan paruh ciput yang diletakkan agak turun, sehingga menutupi sebagian kening. Perempuan yang berwajah panjang atau lonjong juga bisa mengenakan gaya Turki yang memberi kesan penuh dan lebih padat. Bila sebelum berjilbab ingin menggelung rambut supaya bentuk kepala lebih bagus dan seimbang dengan wajah.

Wajah bulat
Bentuk wajah ini dicirikan dengan jarak dahi ke dagu yang sama dengan jarak kedua pelipis serta tulang rahang yang tertimbun pipi. Apabila diibaratkan ber-make-up, tampak bayangan (shading) pada bentuk muka bulat diaplikasikan pada pelipis, sekitar telinga, dan rahang. Maka model kerudung yang disarankan adalah yang menutup di dagu dengan sedikit dimajukan ke arah pipi, sehingga secara langsung pipi yang berlebih dikurangi. Tipe bentuk muka ini memerlukan bando dan ciput. Sebaiknya memilih ciput berbahan semi-elastis, misalnya bahan kaus, supaya ukuran kepala tidak bertambah. Disarankan kepada perempuan berwajah bulat agar tidak salah memilih jilbab yang nantinya justru akan membuat wajah terlihat kembung dan gemuk.

HADRIANI P

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment