Menata Garasi agar Tak Semrawut

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Menata Garasi agar Tak Semrawut
Oct 10th 2011, 02:13

Lifestyle » Griya » Menata Garasi agar Tak Semrawut
Senin, 10 Oktober 2011 - 09:13 wib

Menata garasi agar tak semrawut. (Foto: Getty Images)
Menata garasi agar tak semrawut. (Foto: Getty Images)

BANYAK garasi yang kini berubah fungsi menjadi tempat penyimpanan barang dan perkakas rumah tangga ketimbang sebagai tempat penyimpanan mobil. Perlu penataan agar fungsinya tetap terjaga dan tak berantakan.

Garasi rumah awalnya memang tempat menyimpan mobil agar terlindung dari cuaca panas dan hujan. Namun, lama-kelamaan fungsinya berkembang menjadi area untuk menaruh hampir semua barang, mulai peralatan olahraga, makanan anjing, hingga dekorasi pesta yang sudah tidak terpakai.

Tak heran, kondisinya semakin semrawut dan kotor. Garasi yang sumpek dan bau tentu tidak menyenangkan. Apalagi hal itu bisa berdampak pada kesehatan penghuni rumah. Karenanya, kebersihan garasi mesti Anda perhatikan. Cobalah ambil waktu sejenak untuk menata garasi. Pikirkan kembali apakah garasi sebagai ruang fungsional atau hanya jadi gudang sampah?

Adakah cara yang lebih logis menempatkan barang-barang tersebut? Sebelum Anda buru-buru keluar rumah dan membeli rak penyimpanan atau lemari baru, seorang professional organizer, Cindy Tyner, merekomendasikan agar memikirkan secara serius bagaimana Anda ingin menggunakan garasi.

Kesalahan utama orang-orang, lanjut dia, adalah mengangkut semua barang keluar, lalu bingung ketika harus menjejalkannya kembali masuk garasi.

"Orang-orang pergi ke luar rumah dan membeli perabotan seperti tempat penyimpanan dan tong sampah, lalu mengatakan kalau benda tersebutlah yang mereka butuhkan untuk menata barang-barang di garasi," kata Tyner, yang memiliki bisnis pengaturan rumah di Ann Arbor, Michigan.

"Tapi, perabotan tersebut tidak sesuai dengan tujuan yang mereka butuhkan," lanjutnya, seperti dikutip laman Associated Press.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah keluarkan semua barang dari garasi. Putuskan barang apa saja yang akan tinggal, mana yang bisa disumbangkan, dan mana yang harus dibuang.

"Jika Anda belum menggunakan barang tersebut selama setahun, Anda perlu bertanya kepada diri sendiri, apakah masuk akal untuk tetap disimpan? Jika memang penting, bagaimana Anda menggunakannya? Jika itu adalah barang peninggalan keluarga, apakah tetap ditempatkan di garasi, padahal Anda akan menemui berbagai masalah, termasuk kelembapan," timpal Sean Hunt, pimpinan Specialist Garage Inc.

Specialist Garage Inc adalah perusahaan pembersihan dan penataan garasi yang berbasis di San Bernardino, California. Setelah dikosongkan, sapu dan cuci bagian lantai serta dinding garasi. Lapisan cat yang baru tentu dapat mencerahkan dinding. Gunakan cat khusus yang dapat melindungi dinding dari minyak dan noda gas, sekaligus memperpanjang umur beton.

Kris Nielson, pemilik Monkey Bar Storage, penyedia sistem rak baja di Rexburg, Idaho, mengungkapkan, pemilik rumah bisa menghabiskan sampai USD10.000 atau sekira Rp85 juta untuk mendesain garasi dengan lantai mewah, kulkas, plus fasilitas "wah" lain.

Perusahaannya yang memiliki 68 outlet di Amerika Serikat dan Kanada ini mematok biaya ratarata USD1.500 atau kira-kira Rp12,75 juta per garasi untuk memasang sistem rak baja yang dirancang untuk ketahanan dan efisiensi.

Untuk item yang Anda pakai sesekali,seperti pernik dekorasi saat pesta atau perayaan tertentu, taruh barang tersebut di rak penyimpanan yang terletak di atas kepala. Sebuah platform racor, misalnya, bisa menahan barang hingga 125 kilogram dan dapat diturunkan melalui kabel. Atau bisa juga memakai sistem penyimpanan jenis hyloft, yaitu jenis rak yang lebih kecil dan murah.

Jika Anda ingin menaruh meja tukang (workbench), tapi tidak memiliki banyak ruang, pilihlah meja dengan jenis yang bisa dilipat ke dinding. Taruh barang di tempat yang mudah dijangkau dan berada di area yang logis.Ini memudahkan jika Anda sedang mencarinya.

Semua peralatan berkebun, misalnya, harus ditaruh berdekatan, atau helm sepeda harus berada di samping sepedanya.

"Semua barang harus punya wadah. Kalau tidak, hanya akan menumpuk begitu saja dan itu merupakan efek bola salju," ucap Hunt.

Taruh beberapa benda di luar garasi. Pertimbangkan penggunaan deck box untuk menyimpan mainan anak-anak atau wadah penyimpanan untuk alat-alat berkebun.

Tyner meminta Anda untuk memastikan jika ruang baru digunakan dengan benar dan tidak membiarkan daerah itu menjadi tempat sampah semata. Pikirkan untuk menyewa seorang organizer, yang dapat memberikan gagasan dan ide yang baik tentang bagaimana memakai ruang Anda secara efektif, serta menjaga Anda pada tugas utama untuk menentukan barang-barang mana yang akan disimpan dan mana yang dibuang.

Jika Anda memiliki garasi tanpa atap, sebuah sepeda atau kadang-kadang papan selancar dapat digunakan sebagai penutup untuk menghalangi garasi dari terik matahari. Hampir semua barang di garasi Anda akan terlihat jauh lebih rapi jika diletakkan menempel di dinding, di atas, atau di bawah atap. Setelah Anda selesai merapikan garasi,pastikan penataan tersebut tetap dipertahankan seterusnya.

Tandai alat-alat yang biasanya digantung,dan selalu taruh alat kembali ke tempat semula. Ketika Anda membeli peralatan baru,simpan benda tersebut di area yang memang sudah disiapkan. Beri label setiap wadah yang digunakan untuk penyimpanan karena akan membantu Anda menjaga segala sesuatu berada di tempatnya.

(SINDO//nsa)
mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment