IVA Gratis untuk 6.000 Perempuan

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
IVA Gratis untuk 6.000 Perempuan
Dec 26th 2011, 03:12

BERTEPATAN dengan Hari Ibu, belum lama ini, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta meluncurkan program Bulan Cegah Kanker Serviks (BCKS) di Puskesmas Jagakarsa.
 
Program yang berlangsung pada 20 Desember 2011 hingga 15 Januari 2012 ini menyediakan fasilitas deteksi dini kanker serviks secara gratis dengan metode inspeksi visual asam asetat (IVA). Sebanyak 6.000 perempuan ditargetkan bisa menjangkau kegiatan yang diprakarsai oleh berbagai organisasi kesehatan dan pemerintah ini. BCKS dilaksanakan di 34 layanan kesehatan di lima wilayah DKIJakarta,dan 25 diantaranya adalah puskesmas. Selebihnya di tiga kantor Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan enam jaringan RS Budi Kemuliaan antara pukul 08.00-12.00 WIB.
 
"Kami menyadari peran Jakarta sebagai barometer upaya perlindungan kesehatan bagi masyarakat luas. Karena itu,kami menyambut baik koalisi berbagai pihak ini demi mewujudkan cita-cita pencapaian target 1,4 juta perempuan Jakarta yang diperiksa untuk mendeteksi dini kanker serviks pada tahun 2017," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emawati dalam sambutannya. BCKS merupakan tindak lanjut dari pencanangan Gerakan Perempuan Melawan Kanker Serviks oleh Ibu Negara pada 6 Oktober lalu.
 
Untuk saat ini, program baru dilaksanakan di Jakarta.Pada waktu mendatang, Ketua Panitia BCKS Laila Nuranna berharap, kegiatan yang sama bisa dihelat di daerah lain di Indonesia." Surabaya dan Bandung juga sudah berminat.Gerakan ini memang akan dibawa hingga tingkat nasional,"ujar Laila.
 
IVA adalah satu cara melakukan skrining kanker serviks dengan melihat serviks yang diolesi larutan asam asetat 3,5% pada permukaan serviks.Jika pada serviks yang telah dioles terjadi perubahan warna dari merah muda menjadi plak putih,itu artinya ada kelainan atau perubahan pada sel yang menutupi serviks.
 
Kalau sudah begini, pasien harus segera melakukan pengobatan melalui terapi krio atau gas dingin. Jangan khawatir karena potensi kesembuhan untuk kelainan sel kanker yang terdeteksi sejak dini sangat besar.
(tty)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment