Produktivitas Anak Berlanjut hingga Dewasa

iklan
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Produktivitas Anak Berlanjut hingga Dewasa
Feb 13th 2012, 05:52

Senin, 13 Februari 2012 | 11:11 WIB

TEMPO.CO, - Anak-anak yang perhatian terhadap banyak hal sejak sekolah di taman kanak-kanan cenderung mempunyai keahlian yang berorientasi kerja pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yang berguna selama hidupnya. Hal tersebut diungkapkan dalam hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh imuwan dari University of Montreal.

Penelitian ini melibatkan lebih dari seribu anak-anak yang suka memperhatikan. Mereka diamati selama di TK. Ketika mereka pindah ke sekolah dasar, sejak kelas satu hingga kelas enam, anak-anak tersebut dipantau mengenai bagaimana jika mereka bekerja sendirian dan bekerja dalam kelompok, kemampuan mereka mengontrol diri sendiri, dan kepercayaan dirinya, serta kemampuan mereka untuk mengikuti perintah dan aturan.

Dari waktu ke waktu, anak-anak itu dikategorikan dalam tiga kelas yakni tinggi, menengah dan rendah. Anak laki-laki, anak-anak agresif, dan anak-anak dengan kemampuan kognitif yang rendah di TK masuk dalam kategori kelas rendah.

"Ada risiko hidup yang penting terkait dengan kurangnya perhatian di masa kecil, termasuk di dalamnya putus sekolah, pengangguran, dan penyalahgunaan obat terlarang," kata penulis hasil studi, Linda Pagani, seperti dikutip Health Day edisi 11 Februari 2012.

"Temuan kami membuat kasus menarik untuk identifikasi awal dan pengobatan untuk masalah perhatian, mengingat perbaikan awal adalah intervensi yang paling mahal." Hasil penelitian ini dipublikasikan secara online di Journal of Abnormal Child Psychology.

"Untuk anak-anak, kelas adalah ruang kerja, dan ini mengapa produktivitas, perilaku berorientasi tugas dalam konteks tersebut diterjemahkan dalam dunia kerja," ungkap Pagani.

"Anak-anak yang lebih cenderung untuk bekerja secara otomatis dan harmonis dengan rekan-rekan sekerjanya, dengan kontrol diri dan kepercayaan diri yang bagus, dan mengikuti perintah serta aturan lebih cenderung untuk melanjutkan sikap-sikap produktif tersebut di tempat kerja saat dewasa."

Ditambahkan Pagani, "Dalam dunia psikologi anak, kami menyebut ini sebagai evolusi perkembangan keahlian berorientasi kerja, dari masa kanak-kanak kepada masa dewasa."

HEALTH DAY I ARBA'IYAH SATRIANI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment