Facebook Tak Baik Bagi Orang Minder

iklan
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Facebook Tak Baik Bagi Orang Minder
Feb 14th 2012, 07:00

Selasa, 14 Februari 2012 | 11:16 WIB

TEMPO.CO, Jakarta-Fecbook tak melulu membuat banyak teman. Mereka yang rendah diri justru bisa kehilangan kawan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science, awal Februari 2012, mengungkap: pengguna Facebook yang minder cenderung membuat posting yang pesimistis dan menjemukan.

"Kami tahu Facebook adalah sarana fantastis bagi banyak orang untuk memperkuat hubungan pertemanan," kata Amanda Forest, peneliti dari University of Waterloo, Kanada, dalam rilis persnya. Namun, dalam tiga studi terpisah yang dilakukan pada mahasiswa S-1, para peneliti mengungkap bahwa Facebook justru membuat teman kabur.

"Kami tak menganjurkan pengguna Facebook untuk menjadi seseorang yang bukan dirinya," kata Wood. Namun, katanya, jika Anda kurang percaya diri, maka Facebook bukan sarana yang tepat untuk menyelesaikan kegalauan Anda. Kalau tak mau ditinggal teman, "Cobalah lebih selektif, jangan mengumbar hal negatif di Facebook," katanya.

Penelitian ini menyusul riset Stanford University tahun lalu yang menyatakan Facebook dan situs jejaring sosial sejenis bisa membuat orang depresi. Menurut riset ini, karena orang cenderung mempublikasikan hanya hal-hal bahagia --dan menyembunyikan yang negatif-- teman Facebook-nya bisa merasa sedih dan depresi karena membanding-bandingkan kehidupan mereka.

AKA | AFP NEWS

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment