Tujuh dari 10 Orang Dewasa di Inggris Hipertensi  

iklan
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tujuh dari 10 Orang Dewasa di Inggris Hipertensi  
Feb 14th 2012, 10:01

Selasa, 14 Februari 2012 | 14:49 WIB

TEMPO.CO, Newcastle - Sebuah studi menyimpulkan tujuh dari 10 orang dewasa di Inggris sangat rentan terkena risiko stroke atau serangan jantung akibat tekanan darah tinggi. Demikian kesimpulan dari sebuah penelitian para ilmuwan Inggris.

Sejumlah dokter senior mengatakan gaya hidup tidak sehat, misalnya bekerja di belakang meja, kurang olahraga, dan mengkonsumsi makanan mengandung garam merupakan penunjang utama hipertensi.

Menurut mereka, hipertensi bahkan juga menjadi masalah bagi kaum muda. Hampir separuh orang yang mengalami tekanan darah tinggi berusia di bawah 35 tahun. Para peneliti menyebutkan mereka telah mengumpulkan lebih kurang 100 ribu orang sejak 2003, hasilnya bahwa 70 persen dari orang-orang dewasa tersebut dalam keadaan tidak sehat.

Leslie Hamilton, seorang ahli bedah jatung Rumah Sakit Freeman di Newcastle, berkata, "Gambaran ini benar-benar terjadi sekaligus untuk mengingatkan bahwa tekanan darah tinggi merupakan masalah besar di Inggris."

"Di tempat saya bekerja selaku ahli bedah jantung, saya melihat efek dari tekanan darah tinggi dan penyakit jantung hampir setiap hari. Tekanan darah tinggi dapat menimbulkan stroke dan serangan jantung yang fatal," katanya. "Banyak orang menganggap masalah jantung diakibatkan keturunan, tetapi tekanan darah Anda merupakan salah satu penyebab yang bisa Anda kontrol dengan cara mengubah gaya hidup dan penggunaan obat-obatan."

Tekanan darah tinggi, katanya lagi, bisa dihindari dengan cara tidak merokok, menghindari makanan bergaram, olahraga cukup, serta menjaga kolesterol dan diabetes."

Kendati banyak orang yang mulai berhenti merokok, namun gaya hidup modern yang sekarang melanda banyak orang, misalnya memakan junk food yang mengandung banyak garam dan kurang olahraga, dapat menimbulkan hipertensi. "Mereka perlu melakukan perubahan positif guna memerangi tekanan darah tinggi," ujarnya.

Shafeeque Mohammed, ahli kesehatan jantung di LloydsPharmacy, mengatakan ukuran tekanan darah yang bagus adalah 120/80. "Jika tekanan darah mencapai 140/90 maka harus mendapatkan perhatian dan perlu segera mengubah gaya hidup."

DAILYMAIL | CHOIRUL

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment