Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran: 1st Midwives Scientific Meeting

iklan

Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran
Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran

1st Midwives Scientific Meeting
14 Jun 2011, 2:08 am

Pertemuan Ilmiah Bidan-1

Dalam rangka membangun persamaan persepsi dalam mendidik bidan sebagai upaya melahirkan bidan profesional,  merupakan tema Pertemuan Ilmiah Bidan-1 yang diselenggarakan oleh Program Diploma Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran selama 5 hari dengan agenda 9-11 Juni Simposium, Kuliah Umum serta Talkshow dan tanggal 12-13 Juni 2011 Workshop bertempat di Gedung Rumah Sakit Pendidikan Unpad-RSHS jalan Eijkman 38 Bandung yang dihadiri oleh 400 orang pendidik bidan dari seluruh wilayah Indonesia.

"Unpad sangat peduli terhadap peran bidan dalam program penurunan angka kematian ibu dan anak di Propinsi Jawa Barat khususnya dan di Indonesia pada umumnya dengan mengadakan program 1000 bidan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Jawa Barat, yang kelak akan menghasilkan para bidan yang profesional, seperti yang dituturkan Rektor Unpad pada saat sambutan pembukaan Simposium PIB-1 (Kamis 9/6/2011).

Kamis malam dilaksanakan Malam Keakraban dan Kesenian yang dihadiri oleh seluruh peserta Simposium PIB-1, pimpinan Fakultas Kedokteran, KadinKes Jabar, serta sambutan pengantar oleh Bapak Gubernur Propinsi Jawa Barat. Suasana pada malam keakraban sungguh hangat dan meriah dengan pertunjukan oleh para utusan/wakil dari institusi pendidikan kebidanan.

Kompetensi para lulusan bidan pada saat ini dirasakan kurang memenuhi standar yang diharapkan oleh sebagian besar kalangan praktisi kesehatan. Untuk itu FK Unpad terus berupaya untuk melakukan pengembangan dalam pendidikan bidan diantaranya mengenai kurikulum, metode pembelajaran, metode evaluasi dan teknik dalam pencapaian kompetensi klinik dengan melakukan Workshop untuk para peserta pendidik bidan diantaranya: Objective Structure Clinical Examination (OSCE), Clinical Basic Skill (CBS), Item Development, Preceptor dan Penanganan Perdarahan Post Partum dengan Kondom Kateter yang dilaksanakan pada tanggal 12-13 Juni, di lantai 2 dan 5 Gedung RSP Unpad-RSHS.

Diharapkan setelah berakhirnya acara ini akan menumbuhkan kesadaran para pendidik bidan untuk lebih banyak melakukan penelitian kebidanan, meningkatkan kualitas pendidik bidan agar kompetensi pelayanan kesehatan reproduksi dapat tercapai dengan maksimal dan juga meningkatkan daya saing bangsa.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed.

0 comments:

Post a Comment