Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran: 3rd Medical Undergraduates’ Annual Scientifis Research Meeting Universiti Kebangsaan Malaysia (bahasa)

iklan

Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran
Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran

3rd Medical Undergraduates' Annual Scientifis Research Meeting Universiti Kebangsaan Malaysia (bahasa)
6 Jul 2011, 2:29 am

3rd Medical Undergraduates' Annual Scientifis Research Meeting

Universiti Kebangsaan Malaysia

Fakulti Perubatan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) mengadakan 3rd Medical Undergraduates' Annual Scientific Research Meeting 31 Mei 2011 yang lalu. Pertemuan tahunan ini diadakan untuk mempertemukan mahasiswa-mahasiswa undergraduate yang aktif dalam penelitian. Pada ajang tersebut diadakan kompetisi berbentuk presentasi oral maupun poster guna menentukan pemenang yang penelitiannya dapat diajukan ke jurnal kedokteran intenasional.  Pada kesempatan kali ini, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) mendapat kehormatan untuk turut berpartisipasi sebagai tamu. UKM mengundang 10 mahasiswa FK Unpad untuk menghadiri acara tersebut.

Seleksi diadakan untuk menentukan 10 mahasiswa yang akan diberi kesempatan mengikuti acara ini. Prosedur seleksi dilakukan melalui review abstrak hasil penelitian mahasiswa, dari  proses seleksi tersebut terpilih 10 mahasiswa yang dinyatakan lolos untuk mewakili FK Unpad, yaitu: Radityo Akhmedika, Akhlia Ayu Helzainka, Edbert Wreksoatmodjo, Nadia Nurotul Fuadah, Trustia Rizqandaru, Dwi Monik Purnamasari, Anindita Noviandhari, Marita Restie Tiara, Andina Rostaviani Haryudanto, dan Husnul Khotimah. Lima orang di antaranya, yaitu Edbert, Monik, Nadia, Trustia, dan Anindita diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitian mereka.

Tak ingin tampil mengecewakan, Tim FK Unpad pun menjalani proses bimbingan dan latihan presentasi berbahasa Inggris di depan Staf Pendidik Fakultas Kedokteran Unpad. Masa persiapan berlangsung selama kurang lebih 1 minggu mulai tanggal 25-29 Mei 2011. Bimbingan diisi dengan pembekalan mengenai metodologi penelitian, cara menampilkan hasil penelitian, serta teknik presentasi yang baik.

Senin, 30 Mei 2011 pukul 06.30 pagi Tim FK Unpad berangkat dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Keberangkatan Tim FK Unpadke Malaysia didampingi dr. Fedri Rinawan.

Untuk melepaskan ketegangan sebelum presentasi, Tim FK Unpad sepakat untuk mengunjungi berbagai objek terkenal di Kuala Lumpur, seperti Central Market dimana Tim FK Unpad bisa membeli buah tangan untuk teman dan saudara di rumah; Kuala Lumpur Tower, menara setinggi 421 m dengan pemandangan yang menakjubkan di puncaknya; Menara Kembar Petronas, landmark khas Kuala Lumpur yang senantiasa memukau baik di siang maupun malam hari.

Seusai berkeliling Kuala Lumpur, Tim FK Unpad memutuskan untuk berlatih presentasi sekali lagi. Meski dilanda lelah dan kantuk, Tim FK Unpad tetap bersemangat guna memberikan yang terbaik. Latihan kali ini lebih seru dari latihan-latihan sebelumnya karena Tim FK Unpad mengadakan simulasi seperti benar-benar sedang mempresentasikan hasil penelitian  di hadapan para juri disertai tanya jawab. Latihan pun selesai pada pukul 02.30 dini hari.

Hari "H" presentasi pun tiba. Tim FK Unpad dibagi ke dalam 2 ruangan, pertama untuk presentasi oral dan yang kedua untuk presentasi poster. Presentasi dilakukan dari pukul 11.00 – 16.00 di hadapan juri yang merupakan guru besar UKM dan juga peserta lainnya. Selain itu, beberapa di antara Tim FK Unpad mendapat kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitian kepada Dato' Saifuddin Abdullah selaku Deputy Minister of Higher Learning Malaysia. Tiap orang diberikan waktu selama 8 menit untuk presentasi dilanjutkan dengan tanya jawab. Baik juri maupun peserta lain bebas mengajukan pertanyaan seputar penelitian yang dilakukan. Selanjutnya, para juri melakukan penilaian berdasarkan format yang telah ditentukan guna memilih penelitian mana yang layak untuk dinyatakan sebagai pemenang.

Acara ditutup dengan pengumuman dan pembagian hadiah kepada pemenang yang berasal dari Universitas Kebangsaan Malaysia. Pemenang terdiri dari Juara 1-3 Oral (pagi dan petang) serta Juara 1-3 Poster (pagi dan petang). Para pemenang tersebut nantinya berhak mendapatkan kesempatan untuk mengajukan penelitiannya guna diterbitkan dalam jurnal kedokteran Malaysia. Selanjutnya, Nadia mewakili mahasiswa FK Unpad dan dr. Fedri mewakili FK Unpad menerima plakat tanda penghargaan sebagai tamu kehormatan. Acara ditutup dengan foto bersama.

Jika ditilik kembali, sekilas terkesan acara ini tak jauh berbeda dengan acara yang diadakan FK Unpad tahun lalu sesaat setelah mahasiswa angkatan 2006 selesai menjalani sidang skripsinya. Banyaknya poster-poster hasil penelitian dipajang dan dipresentasikan di koridor kampus. Namun yang menarik adalah, iklim penelitian sangat kental terasa saat Tim FK Unpad memasuki ruangan presentasi. Para peserta tampak sangat bersemangat untuk menunjukkan hasil penelitian yang sudah dilakukannya. Lebih dari itu, mereka pun memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi terhadap hasil penelitian peserta lainnya, termasuk penelitian  yang dilakukan Tim FK Unpad. Hal tersebut tentunya layak kita contoh.

Banyak hikmah yang bisa Tim FK Unpad petik dari perjalanan singkat ke Malaysia. Negara tetangga tersebut berhasil mengingatkan bahwa segala sesuatu akan lebih menyenangkan jika dijalani bukan karena tuntutan ataupun mengejar nilai semata tapi dengan kemauan dan inovasi yang kuat, termasuk dalam hal penelitian. Semangat teman-teman!

Penulis: Nadia, Marita, Fedri

attachments_2011_07_06

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed.

0 comments:

Post a Comment