Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran: Bedah Buku Prof. Dr. Rully M.A. Roesli, dr.,SpPD.,KGH (bahasa)

iklan
Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran
Just another WordPress weblog
Bedah Buku Prof. Dr. Rully M.A. Roesli, dr.,SpPD.,KGH (bahasa)
Mar 15th 2012, 01:58

Playing "God" karya Prof. Dr. Rully M.A. Roesli, dr.,SpPD.,KGH, dengan penerbit Qanita PT. Mizan Pustaka 2012, Prof. Rully adalah guru besar Ilmu Penyakit Dalam di bidang Gastro Hepatologi. Selasa, 13 Maret 2012 buku ini di bedah untuk mengetahui apa yang terkandung didalamnya, atas prakarsa Dekan FK Unpad.

Ratusan undanganpun memenuhi Auditorium lantai 2 Gedung Rumah Sakit Pendidikan Unpad – RSHS, diantaranya para guru besar, para Doktor FK unpad, para mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis, staf pendidik dan kependidikan, hadir pula sebagai pembahas yaitu : Rektor Unpad, Dekan Fikom Unpad, mantan Dirut. RS. Jantung Harapan Kita (Dr. Anwar Santoso) dan Dekan Fakultas Kedokteran Unpad sebagai host acara.  Undangan yang hadir sangat antusias mengikuti acara ini.

Buku ini didalamnya menceritakan tentang pengalaman pribadi Prof. Rully sebagai profesional dalam aspek bioetik dan humaniora di dunia kedokteran dan buku ini merupakan pewarisan nilai-nilai luhur dari Prof. Rully kepada para anak didiknya. Buku ini juga muncul dikarenakan adanya tekanan batin yang dirasakan Prof. Rully tentang bagaimana cara menghadapi pasien yang kurang mampu yang mempunyai penyakit ginjal yang sudah parah yang harus menjalani cuci darah, Prof. Rully pun mencantukan pesan dari orang tuanya pada buku ini yaitu "Jadilah dokter yang baik, jangan jadikan harta sebagai tujuanmu. Jika kamu menjadi dokter yang baik, pasien akan mencarimu dan harta akan menghampirimu dengan sendirinya".

Seperti yang di ungkapkan Rektor Unpad, beliau tertarik pada tulisan Prof. Rully "Setiap hari Jum'at aku dan para staf rapat untuk menentukan pasien mana yang akan mendapat pembebasan biaya cuci darah. Seperti Gladiator di Roma, kami menentukan hidup dan mati pasien. Yang paling banyak mendapatkan suaralah yang akan mendapatkan bantuan Bila tidak? Dia mungkin akan meninggal karena kehabisan biaya pengobatan" tulisan inilah yang menurut beliau sangat menyentuh hati.

Dalam acara bedah buku ini hadir pula Iwan Abdurachman yang biasa kita panggil abah, beliau turut memeriahkan acara ini dengan menyanyikan beberapa lagu diantaranya adalah Hymne RSHS dan Hymne Unpad yang lagu-lagunya merupakan hasil karyanya.

Acara diakhiri dengan ucapan selamat dari para undangan Prof. Rully dan buku dibagikan kepada para undangan yang hadir.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment