HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN IBU DENGAN PENINGKATAN STATUS GIZI ANAK USIA SEKOLAH 6-12 TAHUN

iklan
KTI KEPERAWATAN
HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN IBU DENGAN
PENINGKATAN STATUS GIZI ANAK USIA SEKOLAH 6-12 TAHUN

ABSTRAK
“HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN IBU DENGAN PENINGKATAN STATUS GIZI ANAK USIA SEKOLAH 6-12 TAHUN DI ……………………….. TAHUN 2009”
(xii + 37 halaman + 6 tabel + 8 lampiran)

Jauh sebelum krisis ekonomi dan politik melanda bangsa ini, persoalan gizi sudah berlangsung dengan 4 ,masalah klasik, diantaranya Kurang Energi Protein (KEP), masalah anemia besi, masalah Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY), masalah kekurangan vitamin A (KVA). Banyak penduduk karena keterbatasan pengetahuan dan ekonomi tidak menyadarinya dan kalaupun tahu tidak punya kemampuan untuk mengintervensinya. Berdasarkan atas hal tersebut maka diperoleh data dari Direktorat Bina Gizi Masyarakat pada tahun 1995 sekitar 35,4% anak balita di Indonesia menderita KEP, pada tahun 1997 turun menjadi 23,1%, pada tahun 1998 prevalensi KEP meningkat kembali menjadi 39,8%. Oleh karena itu maka peneliti ingin meneliti hubungan pengetahuan dan pendidikan ibu terhadap peningktan status gizi anak usia sekolah 6-12 tahun di Kelurahan Batang Kaluku Kecamatan Somba Opukabupaten Gowa.
Penelitian yang dilakukan bersifat Survey Analitik dengan menggunakan desain Cross Sectional dengan teknik pengambilan sample secara Purposive Sampling. Data diperoleh Melalui Observasi dan questioner yang diolah dengan menggunakan program computer SPSS for Windows versi 12.00
Dengan penelitian yang dilakukan jumlah sampel 35 orang maka dapat di katakan ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan status gizi anak dimana X2 hitung =14,776> X2 tabel 9.488, sedangkan hubungan antara pendidikan dengan status gizi didapatkan ada hubungan karena X2 hitung = 10,694 > X2 tabel = 5,99. Dengan penilaian X² hitung > dari X² tabel maka dapat dikatakan ada hubungan pengetahuan dan pendidikan ibu dengan status gizi anak usia sekolah dimana hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi instansi, responden, profesi keperawatan, instansi dan peneliti sendiri.

Kata Kunci : Pengetahuan Gizi, Pendidikan Gizi, Status Gizi
Pustaka : 16 (1994-2004)


silahkan download dalam bentuk dokumen word KTI KEPERAWATAN
HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN IBU DENGAN
PENINGKATAN STATUS GIZI ANAK USIA SEKOLAH 6-12 TAHUN

(isi: Pendahuluan; Tinjauan Pustaka; Metodelogi Penelitian;
Hasil Penelitan dan Pembahasan; Kesimpulan dan Saran)

0 comments:

Post a Comment