MER-C Bantu Ribuan Korban Banjir Pakistan

iklan
Ulfan Rahmad

Liputan6.com, Jakarta: Relawan Organisasi kegawatdaruratan kesehatan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia telah menangani ribuan korban banjir di Pakistan. "Selama dua minggu menjalani misi kemanusiaan bagi korban banjir di Pakistan, yakni sejak 27 Agustus sampai 10 September 2010, total pasien yang ditangani Tim MER-C, baik pengobatan umum maupun tindakan operasi sebanyak 2.110 pasien," kata Ketua Presidium MER-C Indonesia dr Sarbini Abdul Murad di Jakarta, Ahad (26/9).

Sarbini menjelaskan, pada hari kedua misi, Tim MER-C melakukan pengobatan di wilayah Charsadda yang berjarak lebih kurang 190 km atau dua jam dari Kota Islamabad. Keesokan harinya, tim bergerak ke wilayah banjir lain yang masih minim bantuan medis. Wilayah yang dipilih adalah Multan, berjarak lebih kurang 800 km dari Islamabad.

Dari Multan, Tim MER-C setiap hari berkeliling dengan mobil sewaan untuk memberi pelayanan medis kepada para korban banjir di wilayah-wilayah pelosok. Selain Multan, tim juga mengunjungi wilayah Gujrat yang berjarak tempuh sekitar tiga jam dari Multan dan Rajan Pur, yang berjarak sekitar tiga jam lagi dari Gujrat. Daerah lainnya yang dikunjungi Tim MER-C adalah Omar Kut, sebuah wilayah kumuh dan miskin di Pakistan.

Sarbini mengatakan, dalam melakukan pengobatan biasanya Tim medis MER-C dibagi menjadi dua tim. Satu tim yang terdiri atas relawan wanita memberikan pengobatan di posko dan satu tim lagi yang terdiri atas relawan laki-laki melakukan mobile clinic ke wilayah-wilayah dan kamp-kamp pengungsi yang ada di pelosok-pelosok.(ULF/Ant)

Sumber: http://berita.liputan6.com/

0 comments:

Post a Comment