Helikopter-helikopter Terbesar Di Dunia

iklan
kaskus.us
This is my blog
Helikopter-helikopter Terbesar Di Dunia
Sep 10th 2011, 16:31

Pesawat terbang Anda sudah tahu, burung besi dengan sepasang sayapnya, ekor, dan bodi. Orang menciptakan pesawat terbang memang terinspirasi dari burung. Tapi helikopter, inspirasinya dari mana? Ada yang bilang meniru cara terbangnya capung. Entahlah, yang jelas kalo pesawat biasa kehilangan mesinnya masih bisa dikendalikan layaknya glider tak bermesin – dengan cara yang benar tentunya. Balon udara masih bisa diturunkan jika kehilangan tenaganya, tapi helikopter? Jika mesinnya mati opsi-nya cuma satu: jatuh! Kira-kira orang gila mana yang dulu berani menerbangkan prototipe helikopter? Bukan cuma menerbangkan, mereka juga ternyata bikin mesin terbang ini menjadi monster-monster raksasa di udara.

helikopter raksasa 01 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia Dewasa ini helikopter-helikopter ini dibuat semakin besar sesuai dengan kebutuhannya terutama untuk mengangkut logistik perang, kargo udara, dan penanganan bencana.

helikopter raksasa 02 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia Sekali mesinnya mati atau sesuatu menghalangi lajunya, tidak ada ampun, dia akan langsung menghunjam ke bumi. Maklum, tidak bersayap.

helikopter raksasa 03 Helikopter helikopter Terbesar Di DuniaSebuah heelikopter jenis NH90 jatuh di Bracciano Lake, Itali. More info; photo by David Cenciotti

Tapi manusia tidak menyerah dan terus berusaha sehingga saat ini bisa dikatakan helikopter sudah seaman dan senyaman pesawat terbang biasa.

helikopter raksasa 04 Helikopter helikopter Terbesar Di DuniaHelikopter di Alaska yang mencoba menarik kapal dengan sebuah tali yang panjangnya 600ft dengan posisi hidungnya yang bersudut 25 derajat ke bawah. Foto by Ted Veal

Bahkan mereka membuatnya dengan ukuran yang sangat besar.

helikopter raksasa 05 Helikopter helikopter Terbesar Di DuniaMoscow, 2007)

Tidak seperti pesawat biasa, Lomba membuat helikopter-helikopter berukuran besar dimulai setelah Perang Dunia II. Seperti halnya banyak teknologi mesin terbang, helikopter mengalami kemajuan pesat menjadi lebih berfungsi dan aman. Sementara itu, di awal tahun 40-an mesin terbang cukup beruntung bisa terbang di udara – tanpa membunuh pilotnya.

Awalnya belum berlangsung begitu lama. Di tahun 50-an muncul desain-desain helikopter radikal, baik yang disponsori oleh Amerika maupun Uni Soviet. Salah satu desain yang sukses adalah Boeing Chinook yang dikenal tidak hanya digunakan untuk kepentingan militer tapi juga digunakan oleh perusahaan-perusahaan sipil untuk kargo. Muncul di akhir tahun 50-an dan bertahan sangat lama digunakan karena kemampuan angkutnya.

helikopter raksasa 06 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia“Helicopters are coming!” in Look Magazine, May 18, 1954, source

Saat ini versi modern dan terbarunya masih digunakan di seluruh dunia. Terbukti mampu menghubungkan lokasi-lokasi yang tidak mungkin atau sulit dijangkau. Chinook mampu mengangkut kargo seberat 28.000 pounds (14 ton).

helikopter raksasa 07 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia Helikopter-helikopter Monster Soviet

Raksasa lainnya adalah Mi-6, buatan biro desain Soviet Mikhail Mil . Dibuat di tahun 50-an, Mi-6 sosoknya memang seperti monster. Meski bentuknya tidak seaneh Chinook, monster ini mampu mengangkut barang bawaan seberat 26.000 ton (12 ton). Helikopter ini termasuk yang paling populer di Soviet dan hingga kini beberapa diantaranya masih digunakan.

helikopter raksasa 08 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia helikopter raksasa 09 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia helikopter raksasa 10 Helikopter helikopter Terbesar Di DuniaGambar oleh Bernhard Pethe, via Scale Rotors

Meski Chinook kelihatan aneh dan Mi-6 begitu besar, sosok helikopter-helikpoter besar lainnya dibuat tidak lagi mementingkan ukurannya kecuali bentuknya saja yang semakin aneh. Lihatlah sosok Mi-10. Dibuat berbasiskan Mi-6 dengan 4 kaki monsternya yang mencolok, jadinya mirip capung raksasa.

helikopter raksasa 11 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia helikopter raksasa 12 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia helikopter raksasa 13 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia helikopter raksasa 14 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia helikopter raksasa 15 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia Bukan Amerika namanya kalau tidak menciptkan helikopter yang juga besar seperti punya Soviet. Mungkin karena didesain oleh Hughes, helikopter XH-17 ini benar-benar besar dan menakutkan. Jadi inget film Transformer. Hehe.

helikopter raksasa 16 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia helikopter raksasa 17 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia(gambar via 1, 2)

CH-54 Tarhe sedang mengangkut F-4 Phantom II yang rusak:

helikopter raksasa 18 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia Sikorsky S-64 Skycrane, gambar dari model helikopter yang cantik, lihat di sini:

helikopter raksasa 19 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia helikopter raksasa 20 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia(Gambar credit: Didier Peillon, Scale Rotors)

Fairey Rotodyne, 1959, digembar-gemborkan sebagai “Airline dengan vertical take-off pertama di dunia” (proyeknya dihentikan 1962) dan merupakan airline pertama di dunia yang menggunakan helikopter: New York Airways, 1953

helikopter raksasa 21 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia(Gambar via: source) “Pada 8 Juli 1953, perusahaan New York Airways menjadi yang pertama kali melayani penumpang dengan menggunakan helikopter. Beroperasi seperti dengan gaya sebuah perusahaan bis, helikopter-helikopter ini terbang dari lokasi-lokasi seperti La Guardia Airport, New York International Airport, Neward Airport, West 30th Street di Manhattan, White Plains, dan Stamford sepanjang hari”

Helikopter Terbesar Sepanjang Masa dan Salah Satu Yang Paling Aneh

helikopter raksasa 22 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia Selain capung raksasa seperti Sky Crane dan MI-10, lihat juga sosok pesawat ini yang sebenarnya mirip-mirip pesawat terbang biasa. Tapi ada rotor baling-baling utama, baling-baling ekor, juga bodi pesawat, dan monster yang dinamakan Mil V-12 ini memang lain daripada yang lain:

helikopter raksasa 23 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia helikopter raksasa 24 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia helikopter raksasa 25 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia helikopter raksasa 26 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia Memang monster ini punya baling-baling, tapi di V-12 baling-baling ini diletakkan di sisi samping bodinya yang besar. Aneh kan? Sampai saat ini helikopter inilah yang dianggap sebagai yang terbesar di dunia. Seberapa besar ? Lebarnya sama dengan Boeing 747, tapi tidak seperti 747 yang membutuhkan landasan panjgan, V-12 mampu take-off secara vertikal dan pada saat yang sama menarik beban seberat 55.000 pounds atau bahkan 80.000 pounds.

helikopter raksasa 27 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia “Pada tanggal 6 Agustus 1969, Mi-12 telah mengangkut kargo seberat 44.205 kg pada ketinggian 2255 m, dan tercatat sebagai rekor dunia untuk kapasitas helikopter yang hingga kini belum terpecahkan.”

Mi-26: Helikopter Terbesar di Dunia Yang Masih Beroperasi

helikopter raksasa 28 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia helikopter raksasa 29 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia(Gambar via: Marty North)

Jangan coba-coba mendekati monster yang satu ini ketika baling-balingnya berputar. Batu-batu berdiameter 12 inch saja bisa diterbangkan seperti daun. Kru-nya berjumlah 6 orang, NATO menyebutnya “Halo”, mega helikopter ini mampu mengangkut 70 penumpang atau sebuah laboratorium di udara, atau sebuh dump-truck, dengan masih menyisakan ruang.

Saat dibandingkan dengan Chinook, Mi-26 jelas lebih besar. Lihat modelnya berikut ini:

helikopter raksasa 30 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia(Gambar oleh: Henry Ludlam, Scale Rotors.)

Lihat chart detail dari mesin ini di sini. Mi-12 masih lebih besar dibanding dengan Mi-26, sayangnya Mi-12 sudah tidak terbang lagi.

helikopter raksasa 31 Helikopter helikopter Terbesar Di DuniaGambar via source

Mi-26 sedang mengangkut Mi-10 dengan tali:

helikopter raksasa 32 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia(Gambar oleh: Avia Star.)

Di bawah ini rotor utama Mi-26 dan gearbox-nya:

helikopter raksasa 33 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia(Gambar oleh: Avia Star.)

Mi-26 mengangkut MH-47e Chinook di Afganistan (gambar kiri), detail oleh Snopes di sini.

helikopter raksasa 34 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia

“Bulan November 2003, koalisi pimpinan Amerika menjalankan Opersi Mountain Resolve di provinsi Nuristan dan Kunar, Afganistan. Foto saat operasi di atas diambil oleh sersan Greg Heath dari US Army. Chinook mendarat untuk menjemput tawanan Afganistan yang ditangkap oleh US Mountain Division ke-10.”

helikopter raksasa 35 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia

Sumber: http://aneh-tapi-nyata.blogspot.com/2009/03/helikopter-helikopter-terbesar-di-dunia.html

888301447351303252 7624187059255263104?l=terselubung.blogspot Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia

Posts Related to Helikopter-helikopter Terbesar Di Dunia

  • biggest %20plane 01 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia

    Pesawat-pesawat Terbesar Sepanjang Masa

    Selama beberapa ribu tahun benda terbang di langit hanya ada dalam imajinasi saja, dalam cerita-cerita mitos dan cerita anak seperti The Roc dari Kisah Sinbad, ...

  •  Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia

    Foto Ular Raksasa di Kalimantan

    BARU-BARU ini, muncul sebuah foto udara yang membuat heboh Malaysia. Seekor ular raksasa berenang di Sungai Baleh, Sibu, Serawak, bagian utara Kalimantan yang masuk wilayah ...

  • zvou4w Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia

    Model Pesawat Terbang Kuno

    Apakah keganjilan-keganjilan prasejarah mengenai konsep pesawat terbang modern hanya bisa kita temukan di Mesir dan India saja? jawabannya tentu saja tidak. Di beberapa wilayah di ...

  • graf zeppelin Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia

    Meledaknya Airship Hindenburg Jerman

    Label: Sejarah Meledak dan terbakarnya Airship Hindenburg (LZ-129) pada tanggal 6 Mei 1937 dalam waktu satu menit di Lakehurst New Jersey Amerika merupakan sebuah kejadian ...

  • thuntitled153 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia

    King Khufu dan piramid Cheops

    Label: Pengetahuan Raja Mesir Khufu (Cheops dalam sebutan Yunani) dikenang karena pembangunan piramida raksasa di Giza, yang tampaknya dibangun diperuntukkan kuburannya. Kapan lahir dan matinya ...

  • teknologi gagal windows vista Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia

    Kegagalan Terbesar di Bidang Teknologi dalam Dekade Terakhir

    Beberapa teknologi yang dibangun dengan dana besar dan paling banyak dipublikasikan pada 10 tahun terakhir ini berakhir dengan kegagalan. Banyak perusahaan-perusahaan teknologi kelas dunia yang ...

  •  Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia

    Babi liar raksasa ditembak mati di Australia

    30 Mei 2009, Teka-teki foto yang menunjukkan seorang pria dengan babi liar raksasa mulai menunjukkan titik terang. Sumber yang terpercaya mengatakan bahwa babi liar raksasa ...

  • 888301447351303252 649422783001793832?l=terselubung.blogspot Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia

    Kematian aneh dalam sejarah

    Sumbernya 2 postingan dari luar pada tahun 2007 (credit to original writers!). Mungkin rekan-rekan ada yang sudah nemu postingan aslinya dalam bahasa Inggris, jadi saya ...

  • Ivy Mike Sausage device Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia

    Bom-bom Pemusnah Peradaban Manusia

    Setelah era Perang Dunia II yang ditandai dengan dijatuhkannya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, dua blok besar saat itu (Amerika Serikat dan Uni Soviet) ...

  • challenger Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia

    Ledakan pesawat ulang alik Challenger

    Label: Sejarah (28 Januari 1986) salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan berkenaan dengan bencana pesawat ulang-alik Challenger adalah, "Apakah para astronaut masih hidup setelah ...

share save 256 24 Helikopter helikopter Terbesar Di Dunia

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment