Facebook: Perubahan Desain Fitur Event dan Persiapan 500 Juta Pengguna

iklan

Beberapa kabar hadir dari Facebook, perubahan desain dari fitur event mereka, lalu bersiap untuk mencapai pengguna mereka yang ke 500 juta.

Tampilan layout dari Facebook Event, kini semakin baik, dengan tampilan ala web, fokus pada konten event dibagian tengah, dengan font yang cukup nyaman, kemudian foto event (jika tersedia) ada disebelah kiri, dan dibawahnya terdapat keterangan tentang mereka yang menghadiri event, lengkap dengan profile serta nama mereka.

Selain layout utama, perubahan cukup signifikan ada di button untuk melakukan konfirmasi serta wall feed. Button konfirmasi event ada dibagian kanan atas, tepat disebelah judul event, yang memudahkan pengguna untuk melakukan konfirmasi, ada tiga keterangan konfirmasi, ‘I’m attending’, ‘Maybe’ dan ‘No’, mirip dengan desain lama namun penambahan button memberikan kejelasan dalam melakukan pilihan konfirmasi.

Wall feed kini terletak dibawah keterangan detail event, yang berfungsi untuk melihat komentar pengguna lain. Kombinasi tampilan feed yang berada di tengah lalu keterangan pengguna yang melakukan konfirmasi dibagian kiri cukup menyenangkan, setidaknya kini membaca detail event bisa lebih nyaman dan jelas.

Untuk keterangan event yang lengkap bisa di klik ‘see more’ maka pengguna bisa scroll ke bawah untuk melihat detail event. Di bagian atas, dibawah judul juga terdapat pilihan untuk melakukan share jika anda ingin membagikan event tersebut ke wall post anda.

Selain perubahan desain layout event ini, Facebook juga bulan ini sedang mempersiapkan untuk mencapai rekor baru, yaitu jumlah pengguna mereka yang akan mencapai 500 juta orang. Menurut AllFacebook, pencapaian ini akan dipenuhi Facebook sekitar bulan Juli, sedangkan menurut Mashable, 500 juta orang pengguna akan dicapai Facebook minggu ini, masih seperti yang dituliskan Mashable, pertumbuhan pengguna Facebook sejak didirikan Februari 2004 memang selalu signifikan, akhir tahun 2008 pengguna Facebook sekitar 100 juta, kemudian Juli tahun 2009, 200 juta orang dan lima bulan yang lalu pengguna Facebook telah mencapai 400 juta orang.

Pengguna yang berjumlah 500 juta orang ini memang cukup besar, meski detail data pengguna ‘nyata’ mungkin terkoreksi lebih sedikit, karena kemungkinan satu orang mempunyai dua akun atau terdapat juga akun yang sudah tidak aktif.

Namun pertumbuhan pengguna yang besar membuat Facebook terus melakukan perubahan, masih seperti yang disebutkan AllFacebook, dengan pencapaian pengguna 500 juta orang, Facebook dikabarkan akan meluncurkan desain tab baru yang akan dirilis tanggal 1 Agustus 2010 ini.

Pencapaian setengah miliar pengguna juga menjadi momen khusus bagi Facebook dengan mengajak karyawan serta mantan karyawan mereka dan user umum untuk membagikan cerita Facebook mereka.

Well, untuk tampilan event yang baru, saya sendiri cukup menyukainya, menjadi lebih nyaman untuk melihat keterangan serta berinteraksi di halaman event, sedangkan untuk pencapaian pengguna setengah miliar, yang menarik dari pertumbuhan pengguna ini adalah penerapan Facebook Credits, sepertinya kita akan melihat ekspansi yang cukup signifikan dimasa mendatang, selain virtual credit untuk game, yang paling saya tunggu adalah kemungkinan yang lebih luas untuk pembayaran virtual diluar gift dan game.

Bagaimana menurut pendapat anda?

http://www.mountoya.com/2010/07/facebook-perubahan-desain-fitur-event.html

0 comments:

Post a Comment