Menkes Dan 17 Ormas Tandatangani MOU Kesehatan

iklan
JAKARTA ( Berita ) : Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih dan 17 organisasi masyarakat menandatangani nota kesepakatan (MoU) sebagai bentuk komitmen bersama terkait pembangunan kesehatan.

Penandatanganan MoU dengan organisasi masyarakat yang terdiri dari organisasi agama, organisasi wanita, dan kwartir Nasional Gerakan Pramuka itu dilakukan di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat.

Organisasi tersebut antara lain PB Nahdatul Ulama, PP Fatayat NU, PP Muslimat NU, PP Muhammadiyah, PP Aisiyah, PP Al Hidayah, Persatuan Islam (Persis), Pemudi Persis, Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Persatuan Karya Dharma Kesehatan Indonesia (Perdhaki).

Selain itu, Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Persekutuan Pelayanan Kesehatan Kristen di Indonesia (Pelkesi), Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Dharma Wanita Persatuan, Persatuan Wanita Nasional (Perwanas), serta Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Menurut Menkes tujuan penandatanganan nota kesepakatan adalah untuk meningkatkan upaya promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan kemandirian masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.

Promosi kesehatan diantaranya meliputi bidang Kesehatan Ibu dan Anak, Keluarga Sadar Gizi, Kesehatan Reproduksi, Kesehatan Usia Lanjut, Pengendalian Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular, Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di berbagai tatanan, Pembinaan Desa Siaga, Pembinaan Daerah Bermasalah Kesehatan serta Pembinaan Promosi Kesehatan di RS.

“Kerja sama ini merupakan inisiasi kemitraan dengan berbagai kelompok potensial untuk membangun komitmen dan kerja sama aktif dalam pembangunan kesehatan dalam mencapai visi dan misi Kementerian Kesehatan serta tujuan Millenium Development Goals (MDGs),” katanya.

Endang menambahkan, kerja sama ini juga didasarkan pada kewajiban setiap orang untuk menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan bagi orang lain.

“Masyarakat diharapkan aktif, baik secara perseorangan maupun terorganisasi dalam segala bentuk dan tahapan pembangunan kesehatan,” katanya. (ant)

sumber : http://beritasore.com/2010/08/20/menkes-dan-17-ormas-tandatangani-mou-kesehatan/

0 comments:

Post a Comment