Apakah vaksin meningitis buat Haji Halal?

iklan
Vaksin Meningitis Halal Diberikan ke Calon Jemaah Haji

Medan, (Analisa)

Setelah menerima 2.495 ampul vaksin meningitis halal dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, Dinas Kesehatan Medan sudah memberikan vaksin tersebut ke calon jemaah haji.

Sebelum datang vaksin meningitis merek Menveo Novartis ACW 135 and Y Conjugate Vaccine asal Italia yang halal ini, proses vaksinasi sempat terhenti beberapa waktu pada para calhaj karena vaksin sebelumnya dinyatakan haram.

"Calon jemaah haji Medan sejak kemarin sudah mulai diberi vaksin. Hari ini saja ada 600 calhaj divaksin," kata Kadis Kesehatan Medan dr Edwin Effendi MSc, Selasa (14/9).

DInas Kesehatan Medan sendiri, katanya, akan terus membuka pos kesehatan untuk 2.400 lebih calhaj asal Medan divaksin. Soalnya, vaksinasi meningitis ini salah satu syarat keberangkatan ke tanah suci Mekah.

Segera Vaksinasi

Edwin mengatakan untuk itu pihaknya mengimbau kepada ribuan calhaj asal Medan untuk segera menjalani vaksinasi Meningitis di Dinkes Kota Medan. Selama satu pekan ini, pihaknya bersama petugas kesehatan akan membantu para calhaj untuk mendapatkan vaksinasi agar segera berangkat ke tanah suci.

Untuk Sumut sendiri, semua kabupaten kota sudah menerima vaksin halal sejak akhir Agustus. Seluruhnya, 8.330 ampul vaksin meningitis halal untuk calon jemaah haji (calhaj) di Sumut berjumlah 8.324 orang. (nai)

0 comments:

Post a Comment