Peringatan Hari Susu Sekolah Sedunia

iklan
Indonesia sampai saat ini masih 70 persen impor susu. (Foto: gettyimages)

PERINGATAN Hari Susu Sekolah Sedunia 2010 jatuh pada tanggal 25 September. Menilik konsumsi susu, Indonesia masih kalah jauh dengan banyak negara. Padahal, susu penting untuk kecerdasan bangsa.

Hari Susu Sekolah Sedunia diperingati setiap tahunnya tepat pada Rabu terakhir di bulan September. Hari Susu Sekolah Sedunia dicetuskan Badan Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa Bangsa (UN Food and Agriculture Organization) dengan tujuan meningkatkan konsumsi susu dan asupan gizi yang baik bagi anak-anak serta mengembangkan industri susu di seluruh dunia.

Kegiatan bertujuan memberikan edukasi mengenai manfaat dan pentingnya minum susu serta meningkatkan pemahaman Indonesia terutama anak-anak sekolah untuk minum susu segar setiap hari. Karena, susu sugar merupakan salah satu unsur penting dalam asupan gizi seimbang bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Pada tahun ini, perayaannya dihadiri pihak Kementrian Kesehatan, Pertanian, produsen susu cair, serta 600 anak Sekolah Dasar di Jakarta untuk bermain dan belajar bersama. Dalam sambutannya, Menteri Pertanian Ir. H. Suswono, MMA mengungkapkan kondisi persusuan nasional.

“Indonesia masa depan harus dikelola oleh orang-orang cerdas. Salah satu kriteria orang cerdas ya harus minum susu, apalagi kalau dari kecil pemenuhan ASI mencukupi. Setelah itu, rutin minum susu setiap hari, karena susu mengandung vitamin A, D, dan E. Apabila anak-anak tidak terbiasa dan suka minum susu, bisa dilakukan secara pelan-pelan, agar bisa menjadi kebiasaan,” paparnya usai usai pemutaran film I-max Indonesia Indah 2.

dr liliy S Sulistyowati M.M., Kepala Pusat Promosi Kesehatan Kementrian Kesehatan RI menimpali manfaat susu bagi pertumbuhan anak.

“Minum susu setiap hari, minimal dua kali. Dalam susu segar, terdapat macam-macam asupan gizi, seperti vitamin, mineral, paling banyak kalsium. Ke depan, kalau sudah tua, tulang tidak keropos,” tuturnya.

Mewujudkan misi mencerdaskan kehidupan bangsa tentu menjadi tanggung jawab bersama bagi banyak pihak, salah satunya produsen susu. Tetra Pak Indonesia, perusahaan pemrosesan dan pengemasan pangan, asosiasi-asosiasi dan produsen susu segar menyadari betul perannya.

“Tetra Pak Indonesia bangga dapat berperan serta dan menjadi mitra strategis pemerintah dalam mengampanyekan pentingnya minum susu sebagai pemenuhan gizi seimbang bangsa yang berarti pula peningkatan kesejahteraan industri susu nasional. Dengan motto ‘Melindungi yang Baik’, Tetra Pak selalu berusaha memberikan inovasi terbaik dalam industri pengemasan makanan agar dapat terus melindungi setiap kandungan gizi terbaik yang terdapat dalam susu segar,” jelas Mignonne N.B. Maramis selaku Direktur Komunikasi Tetra Pak pada kesempatan yang sama.

Acara turut dimeriahkan oleh penyampaian dongeng interaktif seputar manfaat susu, pemutaran film, permainan outbond, booth sapi perah, serta aksi minum susu serempak yang dipandu artis Tasya Kamila selaku duta kampanye minum susu.(ftr)
Sumber: http://lifestyle.okezone.com/

0 comments:

Post a Comment