Beras Hitam Siap Jadi Alternatif Beras Putih

iklan
Fitri Yulianti - Okezone
Beras hitam kaya antioksidan yang ditemukan pada lapisan luar yang akan hilang selama proses penggilingan untuk membuat beras putih. (Foto: gettyimages)

MENURUT legenda China kuno, beras hitam sangat langka, lezat, dan bergizi sehingga hanya kaisar yang diizinkan memakannya. Namun waktu telah berubah. Meskipun beras hitam masih relatif langka, peneliti mencoba mengkaji kandungan antioksidan dan cita rasa beras hitam. Bila mungkin, beras hitam menjadi alternatif sumber karbhohidrat.

Seperti halnya beras merah, beras hitam kaya antioksidan yang ditemukan pada lapisan luar yang akan hilang selama proses penggilingan untuk membuat beras putih. Antioksidan yang dikenal dengan anthocyanin, berwarna ungu-kemerahan juga ditemukan dalam blueberry dan anggur. Kesemuanya telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker, perbaikan ingatan, dan manfaat kesehatan lainnya.

Satu sendok makan beras hitam—setara dengan 10 sendok makan beras hitam yang telah dimasak—berisi jumlah anthocyanin yang sama dengan sesendok blueberry segar, menurut sebuah studi yang dipublikasikan American Chemical Society, Boston.

"Saya rasa beras hitam memiliki keuntungan lebih besar daripada blueberry, karena blueberry masih mengandung kadar gula tinggi," kata kepala peneliti, Zhimin Xu PhD, profesor di Louisiana State University Agricultural Center, Baton Rouge, seperti dikutip Health.

Beras hitam saat ini belum tumbuh dalam skala komersial, namun Xu berharap bahwa penelitian akan memacu petani mulai menanamnya. Sebab, kombinasi antioksidan pada beras hitam sangat baik untuk kesehatan.

“Beberapa antioksidan dalam beras hitam (dan cokelat) larut dalam lemak, sedangkan anthocyanin tergolong larut dalam air sehingga dapat menjangkau seluruh daerah tubuh,” kata Joe Vinson PhD, profesor kimia di University of Scranton, Pennsylvania.

Meski masih kurang akrab di telinga, popularitas beras hitam makin melambung. Mengonsumsi beras hitam bukan berarti Anda berhenti mengonsumsi buah-buahan, seperti blueberry, cranberry, dan kismis.

"Blueberry dan nasi hitam menawarkan manfaat berbeda. Dengan makan blueberry, Anda mendapatkan jumlah vitamin C tambahan," kata Moore.(ftr)

0 comments:

Post a Comment