Tubuh Kurus Karena Keturunan?

iklan
Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Tubuh Kurus Karena Keturunan?
Sep 5th 2011, 11:24

Liputan6.com, London: Bagi kaum wanita, tubuh kurus adalah impian. Bahkan, mereka pun harus selalu menjaga pola makan, agar bentuk tubuh tidak berubah. Sebaliknya, bagi sebagian lagi bisa makan apa saja, tanpa mengkhawatirkan pertambahan berat tubuh. Faktanya, orang-orang seperti itu justru diberikan tubuh yang kurus. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Seperti diwartakan Dailymail, Ahad (4/9), penelitian yang dilakukan Imperial College London, Inggris, yang bekerja sama dengan Universitas Lausanne, Swiss, menemukan fakta bahwa orang kurus memiliki gen kromosom terlalu banyak sehingga mereka memiliki badan seperti itu. Terkadang gen itu diduplikasi atau diberikan salinannya dari orangtua.

Gen adalah peregangan DNA yang menyediakan instruksi kode, untuk membuat protein. Mereka umumnya datang berpasangan dan disimpan di kromosom, serta dikemas bersama DNA yang diwariskan dari setiap orangtua kepada anaknya.

Namun, kadang-kadang bagian kromosom dalam pasangan dapat dihapus atau diduplikasi. Ketika itu terjadi, bisa ada terlalu banyak salinan dari suatu gen tertentu atau terlalu sedikit. Akibatnya, gen menjadi aktif atau tidak aktif di dalam tubuh.

Para peneliti memeriksa lebih dari 95 ribu DNA orang. Para responden diiukur dengan indeks massa tubuh (BMI), dengan hasil di bawah 18,5 kilogram per meter per segi. Berdasarkan penelitian, satu dari dua ribu orang memiliki gen yang diduplikasi dan membuat pria 23 kali lebih kekurangan berat badan, dan wanita lima kali lebih mungkin.

Sehubungan dengan gen kurus, Froguel mengatakan, dogma bahwa kita memiliki dua salinan dari setiap gen itu tidak semuanya benar. Terkadang gen itu bisa hilang atau bertambah. "Genom ini penuh dengan lubang-lubang di mana gen yang hilang, dan di tempat lain kita memiliki salinan tambahan dari gen. Dalam banyak kasus, duplikasi dan penghapusan tidak berpengaruh, tapi kadang-kadang mereka dapat menyebabkan penyakit," katanya.(SHA)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment