Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran: Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Mengikuti MUASRM (Medical Undergraduates’ Scientific Research Meeting) Universiti Kebangsaan Malaysia (Bahasa)

iklan
Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran
Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran
Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Mengikuti MUASRM (Medical Undergraduates' Scientific Research Meeting) Universiti Kebangsaan Malaysia (Bahasa)
Jul 3rd 2012, 08:45

Rabu, 27 Juni 2012 Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) mendapat undangan untuk menghadiri acara Medical Undergraduates' Scientific Research Meeting (MUASRM) di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). MUASRM adalah pertemuan ilmiah rutin yang diadakan oleh mahasiswa kedokteran tingkat 5 UKM. Seperti halnya fakultas kedokteran di Indonesia yang mengharuskan mahasiswanya membuat skripsi, fakultas kedokteran di UKM juga memiliki suatu modul khusus yang mewajibkan mahasiswanya untuk membuat suatu tugas akhir dalam satu kelompok yang terdiri dari 4 mahasiswa. Setelah menyelesaikan penelitiannya mereka akan mempresentasikan sekaligus melombakan penelitiannya di dalam suatu pertemuan ilmiah yang dinamakan MUASRM ini. Penelitian tersebut akan dipresentasikan baik dalam bentuk presentasi oral maupun presentasi poster. Tujuh kelompok terbaik di kegiatan ini akan kembali mempresentasikan penelitian nya di pekan ilmiah internasional nanti.

Sejak 6 tahun yang lalu, Universitas Padjadjaran sudah menjalin kerja sama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia melalui twinning program. Melalui program kerjasama ini, mahasiswa UKM diharuskan belajar teori kedokteran di Universitas Padjadjaran selama 3 tahun kemudian melanjutkan praktik kedokterannya selama 3 tahun di UKM. Hal ini menjadikan Unpad sebagai tamu undangan khusus pada kegiatan MUASRM, menghadirkan mahasiswa kedokterannya untuk mempresentasikan poster ilmiah, sekaligus meminta dosen FK Unpad untuk menjadi juri di kegiatan tersebut. Enam mahasiswa yang terpilih adalah mahasiswa Program Studi Profesi Dokter (PSPD) yaitu Dina Fitri Wahyuni, Mutiara Retno Anjani, Fahrani Imanina, Nisa Fauziah, Suyitno, dan Dani Ferdian. Sedangkan dosen perwakilan FK Unpad yang menjadi juri dalam acara ini adalah Yulia Sofiatin, dr., Sp.PD dan Rovina Ruslami, dr. Sp.PD, PhD.

Acara MUASRM dibuka oleh Dekan Fakultas Perubatan UKM Prof Dato' Dr Raymond Azman Ali pada pukul 09.00 waktu setempat, dilanjut dengan kuliah singkat mengenai penelitian di bidang kedokteran oleh Kementrian Kesehatan Malaysia. Setelah itu acara dilanjutkan dengan presentasi oral dan presentasi poster ilmiah di dua tempat yang berbeda hingga pukul 18.00 waktu setempat. Dalam suatu kesempatan dr. Rovina sebagai juri sangat mengapresiasi acara ilmiah yang diadakan oleh mahasiswa UKM ini. Semoga melalui kegiatan ini mahasiswa FK Unpad lebih terpacu dalam memunculkan iklim penelitian di Universitas Padjadjaran dan berani membawa ide penelitiannya ke dunia internasional.

 

 

 

 

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment