Produk Olahan Susu Jamin Gigi Bebas Lubang

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Produk Olahan Susu Jamin Gigi Bebas Lubang
Nov 11th 2011, 11:20

KARIES atau lubang pada gigi dialami sebagian besar masyarakat. Kalau ingin trik murah untuk mencegahnya, Anda bisa rutin mengonsumsi keju.

Erosi asam diyakini sebagai penyebab utama munculnya karies gigi. Ketika mengonsumsi makanan mengandung gula dan tepung, karbohidrat yang terkandung di dalamnya difermentasi. Ini menyebabkan bakteri di dalam mulut memproduksi asam yang akan mengerosi enamel gigi, membentuk pecahan kecil yang rentan menjadi lubang gigi.

"Camilan di antara dua waktu makan memperlama proses pembentukan asam di dalam rongga mulut sehingga memicu demineralisasi gigi, yang jika dibiarkan secara terus-menerus bisa menyebabkan gigi berlubang," papar drg Novandyta Hapsari, SpKG, pada talkshow "Don't Let Your Teeth Reveal Your Age" di Ultimo Aestetich & Dental Care, Plaza Asia, Jakarta, baru-baru ini.

Berbeda dengan jenis makanan lain, pilihan buah, sayur, dan keju sebagai camilan dijelaskan drg Novandyta tidak membuat gigi mudah mengalami demineralisasi alias gigi rapuh.

"Sayur dan buah tidak mengandung pemanis buatan sehingga tidak gampang memicu terjadinya proses fermentasi. Sementara, dalam keju terkandung CPP-ACP yang akan melapisi gigi sehingga tidak mudah mengalami demineralisasi," tambahnya.

Tak hanya keju, produk susu lain ternyata memiliki manfaat yang sama untuk kesehatan gigi.

"Selain keju, susu juga baik untuk meningkatkan suplai kalsium pada gigi. Sementara, yogurt mengandung bakteri baik untuk melawan bakteri jahat penyebab karies di dalam rongga mulut," tutupnya. (ftr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment