Pertolongan Pertama Lewat Makanan II

iklan
KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Pertolongan Pertama Lewat Makanan II
Nov 4th 2011, 08:05

KapanLagi.com - Setelah mencegah flu dan sebagai anti stres, inilah lanjutan dari beberapa makanan penolong kesehatan Anda.

MAKANAN USIR MUAL DAN KEMBUNG

- Yoghurt. Penelitian di University of Manchester di Inggris, wanita yang mengalami Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan makan yoghurt sekitar 110 gram per hari bisa terbebas dari perut kembung hingga 78 persen. Kandungan probiotik atau bakteri baik membantu menormalkan keasaman perut.

- Jinten. Zat anethole yang terkandung di daun, biji dan minyak jinten terkenal bisa meredakan kram perut. Jinten bahkan bisa membantu meredakan sakit perut pada bayi, demikian hasil riset dari St. Petersburg Medical Academy of Postdoctoral Education di Rusia.

- Jahe. Studi terhadap jahe menunjukkan bahwa jahe mujarab menghilangkan mual akibat guncangan, morning sickness, bahkan kemoterapi hingga 30 persen. Menurut penulis penelitian, Julie Ryan Ph.D., ini karena jahe mengurangi inflamasi di dalam perut.

- Minyak peppermint. Sebanyak 75 persen pasien IBS berkurang gejala mual dan kembungnya setelah minum 2 kapsul minyak peppermint sebesar 225 mg, 2 kali sehari selama 4 minggu. Ini hasil penelitian di G. d'Annunzio University di Italia. Mentol dalam peppermint tampaknya bisa menenangkan otot-otot di usus dalam perut.

MAKANAN PENGHILANG SAKIT KEPALA

- Ikan kakap. Omega-3 pada ikan ampuh meredam sakit kepala. Hampir 90 persen penderita migrain berkurang rasa pusingnya setelah makan 2 gram omega-3 per hari. Ini menurut penelitian di University Schools of Medicine, AS. "Ikan dan minyak ikan menurunkan produksi prostaglandin, zat yang menyebabkan inflamasi dan rasa nyeri," ucap periset Zeey Harel, MD.

- Kacang hitam. Mengandung riboflavin yang bisa mengurangi sakit kepala hingga 50 persen, jelas peneliti di University of Liege di Belgia.

- Cabai merah. Harganya melambung tiap kali mendekati lebaran. Kandungan capsaicin di dalam cabe ternyata bisa meringankan sakit kepala. Cara kerja capsaicin ini adalah menghancurkan zat kimia tubuh yang membawa pesan rasa sakit ke kepala. Jangan takut makan pedas ya!

- Quinoa. Penderita migrain biasanya mengalami kekurangan magnesium. Nah, quinoa memiliki kandungan magnesium tinggi. "Mineral ini merilekskan pembuluh darah dan menormalkan penerima serotonin," jelas Alexander Mauskop, MD., direktur New York Headache Center, AS. Dalam penelitian di Jerman, pasien yang mengasup 600 mg magnesium per hari mengalami penurunan frekuensi rasa sakit kepala sebanyak 40 persen. (fitness/wsw)

Source: Fitness Magazine, Edisi September 2011, Halaman 104

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment