"Wina Belum Sampai Tahap Menerima Kenyataan"

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
"Wina Belum Sampai Tahap Menerima Kenyataan"
Nov 3rd 2011, 11:57

Lifestyle » Family » "Wina Belum Sampai Tahap Menerima Kenyataan"
Kamis, 3 November 2011 - 18:57 wib

Fitri Yulianti - Okezone

Anji & Wina (Foto: ist)
Anji & Wina (Foto: ist)

SETIAP individu punya cara dalam menyikapi berbagai permasalahan hidup. Apa kata psikolog soal penyikapan Wina atas batalnya rencana menikah dengan Anji 'Drive'?

Sepekan ini, media massa ramai memberitakan perang kata antara calon suami-istri Anji dan Wina yang akhirnya memilih membatalkan pernikahan pada Desember mendatang. Dari awalnya ramai berkicau di Twitter, keduanya kini mulai buka mulut.

"Melihat dia bisa menceritakan segalanya tanpa nangis (di televisi), mungkin dia cukup kuat. Tapi belum tentu juga, karena ada orang yang saat sedih, dia tidak cepat menangis. Setelah menyadari, dia baru akan merasa hancur," terang psikolog Anna Surti Ariani Psi ketika dihubungi okezone, Kamis (3/11/2011).

Ia menjelaskan, seseorang harus melewati beberapa tahapan untuk pulih dari keterpurukan karena kematian orang terdekat, perceraian, dan proses berduka lainnya. Tahap awal adalah denial atau penolakan.

"Dia tidak percaya dengan peristiwa yang menimpa. Pada perceraian, misalnya, dia akan bilang 'Aku enggak apa-apa kok mengalami ini.' Denial bisa terjadi karena rasa gengsi. Untuk Wina, saya sendiri tidak tahu apakah dia sedang mengalami proses denial," imbuh psikolog yang biasa disapa Nina ini.

Tahap terakhir proses penyembuhan jiwa seseorang adalah "acceptance" (penerimaan). Individu tersebut sudah merelakan peristiwa yang menimpanya. Meski masih terlihat sedih, ia sudah ikhlas menerima kenyataan. Sebab menurut Nina, ikhlas berbeda dengan sedih yang merupakan tindakan manusiawi.

"Tapi menurut saya, Wina belum sampai pada proses menerima," tutupnya.

(ftr)
mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment