Pertolongan Pertama Lewat Makanan!

iklan
KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Pertolongan Pertama Lewat Makanan!
Nov 4th 2011, 08:00

Menyembuhkan flu, meringankan stres dan mual serta membasmi sakit kepala. Ya, ada beberapa makanan bisa jadi obat ampuh memerangi masalah kesehatan tersebut. Apa saja, sih?

KapanLagi.com - Anda tentu sudah bosan dengan himbauan FITNESS untuk sehat: makan banyak buah dan sayur, lean protein, dan biji-bijian utuh. Namun itu tidak cukup. Pengetahuan tentang bahan makanan yang baik diasup sesuai kebutuhan juga penting. "Meskipun pola makan seimbang adalah dasar dari kesehatan prima, namun mengombinasikan berbagai zat gizi bisa memberi perbedaan besar, terutama pada saat tubuh menunjukkan gejala tak sehat," sebut Dawn Jackson Blatner, RD., konsultan gizi di FITNESS serta penulis buku THE FLEXITARIAN DIET. Makanan-makanan berikut berguna untuk menyembuhkan masalah-masalah kesehatan yang umum Anda temui sehari-hari. Mari makan!

MAKANAN PENYEMBUH FLU

- Jamur kancing putih. Jamur kancing putih ini mengandung polisakarida yang mengaktifkan sel-sel pembunuh alami virus-virus influenza, sebut Dayong Wu, peneliti di Jean Mayer USDA Human Nutrition Research Center on Aging di Tufts University, Boston, AS.

- Ikan salmon. Ikan salmon mengandung 800 IU vitamin D pada setiap 85 gram-nya. Ini hampir memenuhi kebutuhan harian yang direkomendasikan para ahli, dan tentu saja baik untuk mengusir flu. Para peneliti di University of Colorado, Denver, AS., menemukan mereka yang kurang mengonsumsi vitamin D lebih sering terkena flu. Kepala penelitian tersebut, Adit Ginde, MD., mengatakan, tanpa vitamin D, tubuh tidak bisa memproduksi antimicrobial protein yang disebut cathelicidins dan bisa mematikan bakteri dan virus.

- Kuaci biji bunga matahari. Kudapan sehat ini sarat vitamin E yang bisa mendongkrak level aktivitas sel-sel yang melawan infeksi tubuh. Mungkin, itu sebabnya para peneliti di Center on Aging, AS., menemukan vitamin E bisa menurunkan risiko terkena flu hingga 20 persen.

- Yoghurt. Minum 2 cangkir yoghurt per hari selama 4 bulan, akan meningkatkan gamma interferron di dalam tubuh 4 kali lipat. Gamma interferon adalah zat alami yang memerangi virus dan bakteri infeksi. Itu menurut studi di University of California Davis School of Medicine, AS.

MAKANAN ANTI STRES

- Udang. Asam lemak omega-3 di dalamnya bisa mengurangi hormon stres seperti cortisol. Makan 85-100 gram udang per hari bisa menurunkan risiko kecemasan, depresi dan stres hingga 30 persen. Itu menurut penelitian di University of Las Palmas de Gran Canaria di Spanyol.

- Kunyit. Menurut penelitian di Cina, zat curcumin pada kunyit bisa menurunkan tingkat stres dengan mencegah peningkatan cortisol di tubuh.

- Susu. Dalam penelitian yang dimuat Archives of Internal Medicine, wanita yang minum 4 gelas susu tinggi kalsium tiap hari, mengalami gejala PMS seperti cemas dan kesal lebih rendah 30 persen.

- Kacang pistachio. Makan 50-85 gram pistachio per hari bisa turunkan tekanan darah dan merilekskan pembuluh darah, sebut peneliti di Pennsylvania University, AS.

- Paprika merah. Mengandung vitamin C yang tinggi dan berefek menurunkan stres dengan mengontrol produksi cortisol dan menstimulasi pelepasan oxytocin, zat kimia yang memberi rasa rileks dan enak alami tubuh. Para peneliti di University of Trier di Jerman melakukan serangkaian penelitian terhadap mereka yang sering cemas. Mereka yang minum 3000mg vitamin C merasa lebih kalem, tekanan darahnya pun kembali normal lebih cepat ketimbang yang tidak minum vitamin C.

Artikel Lanjutan: Pertolongan untuk perut kembung, mual dan sakit kepala.(fitness/wsw)

Source: Fitness Magazine, Edisi September 2011, Halaman 104

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment