London Fashion Week yang Penuh Warna

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
London Fashion Week yang Penuh Warna
Sep 23rd 2011, 01:46

Lifestyle » Trend and Fashion » London Fashion Week yang Penuh Warna
Jum'at, 23 September 2011 - 08:46 wib

Rancangan Christopher Kane (Foto: Google)
Rancangan Christopher Kane (Foto: Google)

MODEL di pergelaran koleksi desainer asal Inggris Osman di London Fashion Week pada 20 September 2011. Beberapa tokoh mode yang hadir adalah Anna Wintour dan Glenda Bailey.         

Dari New York, fashionista langsung bertolak menuju London untuk menyaksikan koleksi terbaru yang ditawarkan para pelaku mode negeri asal Kate Middleton tersebut. Baru-baru ini, Global Language Monitor (GLM) yang setiap tahun melakukan survei tentang kota-kota mode dunia, baik di media maupun internet, mengumumkan bahwa untuk 2011, London berhasil naik ke peringkat pertama.

Dari hasil survei yang dilakukan GLM, London merangsek ke posisi nomor satu berkat popularitas Duchess of Cambridge, Royal Wedding, serta gaun pengantin Alexander McQueen yang dikenakannya pada 29 April lalu.

Jadi, wajar jika kemudian London bersolek tanpa ragu. Jajaran desainer kenamaan London seakan tak mau kalah dengan glamorama yang baru saja disuguhkan New York.

Karena itu, tak lama setelah Marc Jacobs menutup panggung mode New York, Somerset House di pusat kota London langsung membuka pintunya. Gelaran pekan mode London dimulai dengan Wali Kota London Boris Johnson yang memberi sambutan sekaligus mengucapkan selamat kepada London atas prestasi terbarunya sebagai "The Fashion Capital of The World".

"Peringkat itu merupakan kabar gembira tidak hanya bagi London, tapi sekaligus menunjukkan kekuatan industri mode secara ekonomi," sebut Johnson, sembari menambahkan industri mode London mampu menarik 80.000 tenaga kerja dan berkontribusi atas pemasukan sebesar USD33 miliar bagi ekonomi Inggris.

"Jika kekuatan ini bisa kita manfaatkan untuk membantu kaum muda London di saat-saat sulit seperti sekarang ini, maka bukan tidak mungkin kita bisa mengurangi pengangguran. Industri ini juga bisa memberi wadah yang tepat bagi kaum muda bertalenta. Saya yakin, ke depannya kita bisa terus mempertahankan peringkat London sebagai kota mode utama dunia," ungkap dia.

Sementara Chairman British Fashion Council (BFC) Harold Tilman mengatakan, London yang meskipun dianggap edgy, masih kalah bila dibandingkan dengan New York dan Paris yang sudah stabil di mata pelaku mode.

"Tahun ini merupakan milestone bagi London fashion, Royal Wedding, dan gaun rancangan Sarah Burton dari Alexander McQueen membawa kita ke posisi ini, yang tentu saja harus kita pertahankan," ujar Tilman.

Musim ini, London Fashion Week akan menghadirkan lebih dari 100 pertunjukan catwalk untuk koleksi lini busana pria dan wanita, juga 200 pameran mode untuk musim semi dan musim panas 2012.

Adapun Samantha Cameron, istri Perdana Menteri Inggris, yang merupakan Duta BFC, tidak ketinggalan mendukung jalannya London Fashion Week dengan setia menghadiri setiap pertunjukan. Di antaranya, Cameron terlihat di pertunjukan Peter Piloto dan Christopher Kane, dua label favorit Cameron.

"Saya percaya modememberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian Inggris karena itu saya bangga bisa menjadi duta dari organisasi yang mewadahi para pelaku mode Inggris," terang Cameron.

Di atas catwalk, desainer London menyajikan warna warni. Sebut saja Christopher Kane yang menghadirkan barisan pelangi dengan taburan bunga bergaya pop artuntuk koleksinya musim semi mendatang. Sementara desainer muda Mary Katrantzou mengambil inspirasi oriental untuk koleksinya yang diperlihatkan dari permainan warna merah terang juga motif vas antik China.

Kontras dengan Roksanda Ilincic yang menghadirkan gaya playful dengan aura mod khas era 50an. Di panggung Burberry Prorsum, Christopher Bailey menyuguhkan ragam prints di atas barisan warna dalam kemasan elegan ala ladylike bercampur sedikit sentuhan sporty. Tidak kalah berwarna, Dame Vivienne Westwood menampilkan atraksi warna dalam kemasan grunge-girly yang begitu muda dan ceria.

Di lain pihak, Tom Ford, yang musim ini kembali memilih London sebagai lokasi pertunjukkannya, tetap konsisten dengan private show. Ford, hanya mengundang kalangan terbatas dari media dan buyer, dan tidak memperbolehkan adanya kamera selama pertunjukkan. Adapun beberapa tokoh mode yang terlihat menghadiri show Ford adalah Anna Wintour, Anna Dello Russo, Carine Roitfeld, dan Glenda Bailey.

London Fashion Week tidak hanya menarik perhatian fashionista, melainkan juga selebriti dan Pippa Middleton, adik Duchess of Cambridge, yang terlihat duduk di barisan depan show Alice Temperley. Selebriti yang menghadiri pekan mode London antara lain Kanye West, Tilda Swinton, Sienna Miller, serta top model Rosie Huntington-Whiteley.

(SINDO//nsa)
mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment