Mendekatkan Batik dengan Generasi Muda

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Mendekatkan Batik dengan Generasi Muda
Sep 24th 2011, 06:05

Lifestyle » Trend and Fashion » Mendekatkan Batik dengan Generasi Muda
Sabtu, 24 September 2011 - 13:05 wib

Dwi Indah Nurcahyani - Okezone

Batik motif hati untuk kaum muda (Foto: Wordpress)
Batik motif hati untuk kaum muda (Foto: Wordpress)

GENERASI muda menjadi sasaran strategis dalam mengglobalkan batik di kancah internasional. Tak heran, penyelenggaraan World Batik Summit yang dihelat pada 28 September-2 Oktober 2011 membidik anak muda sebagai target utamanya.

Untuk memuluskan impian batik menjadi populer di dunia, mengajak serta seluruh masyarakat untuk mencintai batik adalah langkah utama.

Selain orang dewasa, menggandeng generasi penerus seperti anak muda menjadi sebuah langkah tepat. Itu disadari betul oleh Yayasan Batik Indonesia yang menghelat acara World Batik Summit.

Karenanya, sejak awal penggagasan acara, keikutsertaan anak muda pun sangat diharapkan salah satunya dengan diadakannya Lomba Desain Motif Batik Nusantara yang menyedot 342 peserta dan tersaring menjadi 10 finalis. Selain lomba motif batik, pengadaan Putera Puteri Batik pun dihelat.

"Kami mengharapkan anak-anak muda bisa menjadi bagian dari acara ini. Karenanya, kami bekerjasama dengan Kemendiknas agar bisa menghadirkan mahasiswa dalam acara tersebut," kata Widodo AS penasehat panitia dan Wakil Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia di World Batik Summit di Ruang Cempaka Kementrian Perindustrian dan Perdagangan, Jakarta, Jumat (23/9).

Selain kedua event tersebut, World Batik Summit juga mengadakan kunjungan ke beberapa tempat batik dimana salah satunya batik Parang Kencana yang ada di Kemang.

"Dari tampilan sampai dengan pelaksanaan kami melibatkan anak-anak muda. Kami pun menghadirkan show batik yang dikhususkan untuk anak muda serta kegiatan belajar membatik dimana menawarkan warna-warna yang digemari anak-anak muda. Intinya, tujuan dari kegiatan ini adalah mendekatkan batik dengan generasi muda karenanya kami mengawali dengan anak muda dan mereka pula yang membawakannya," papar Mariana Sutandi dari Parang Kencana di kesempatan yang sama.

Senada dengan Mariana, Andara Rainy Ayudini selaku sekretaris dari Putera Puteri Batik Nusantara mengungkapkan bahwa penyelenggaraan ajang yang dihelatnya tersebut menjadi sebuah wadah untuk menyosialisasikan batik lewat generasi muda.

"Kami ingin mengajak generasi muda untuk belajar mengembangkan batik sekaligus mempromosikannya," tutupnya.

(nsa)
mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment