Cegah Kanker, Shahnaz Vaksin Anak sejak 9 Tahun

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Cegah Kanker, Shahnaz Vaksin Anak sejak 9 Tahun
Sep 20th 2011, 04:44

Lifestyle » Fit and Beauty » Cegah Kanker, Shahnaz Vaksin Anak sejak 9 Tahun
Selasa, 20 September 2011 - 11:44 wib

Lastri Marselina - Okezone

Shahnaz Haque (Foto: Dok Okezone)
Shahnaz Haque (Foto: Dok Okezone)

MENYADARI kanker sebagai penyakit bawaan, presenter sekaligus survivor kanker ovarium (indung telur) Shahnaz Haque, tidak ingin ketiga buah hatinya ikut mengidap kanker saat dewasa. Untuk itu, dia berusaha mencegahnya dengan memberi vaksi pada anak sejak usia sembilan tahun.

Saat anak pertamanya, Pruistin Aisha berusia 9 tahun, Shahnaz memberikan vaksin Human Papillona Virus (HPV). Itu dilakukan karena dalam keluarga Shahnaz atau suami, Gilang Ramadhan, telah memiliki riwayat penyakit kanker.

"Ibu dan nenekku meninggal karena kanker yang sama, sementara ayah Gilang meninggal karena kanker prostat dan ibu mengidap kanker payudara. Maka kami harus hati-hati, karena ada pohon kanker dalam keluarga kami. Bisa jadi, salah satu anak-anak kami menderita kanker," kata Shahnaz di Kandang Jurang Doank, Ciputat, belum lama ini.

Sembilan tahun, usia di mana seorang anak akan akil baliq. Karenanya, wanita berusia 38 tahun ini pun memberikan vaksin HPV kepada anak di usia tersebut.

"Pemberian vaksin ketika anak sembilan tahun, karena usia itu umumnya anak sudah mulai haid," paparnya.

Wanita yang selalu ceria ini sadar dirinya pembawa sifat kanker, untuk itu kerap berkonsultasi dengan dokter untuk menjaga kesehatan anak-anaknya.

"Beruntung perkembangan kanker dari pihak Gilang berhenti karena dia seorang pria, sedangkan saya dengan kromosom X menjadi pembawa sifat. Begitu mencapai sembilan tahun, anak saya harus suntik tiga kali, 0 bulan; tiga bulan; dan enam bulan," tutupnya.

(nsa)
mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment