Cara Kuatkan Tekad Agar Diet Sukses

iklan
KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Cara Kuatkan Tekad Agar Diet Sukses
Feb 13th 2012, 05:00

Pompa terus niat Anda untuk melangsing, agar bisa tahan dari "godaan" makan minum yang bisa menghancurkan program diet. Ikuti strategi terbaru ini agar tekad Anda untuk hidup lebih sehat semakin kokoh!

KapanLagi.com - "Terima kasih. Cukup camilannya. Saya harus lari sebentar setelah memakannya." "Puding atau es krim? Hmm, hmm...tidak, terima kasih. Saya sudah kenyang." "Maaf ya saya tak ikut kumpul-kumpul sore ini. Saya sudah mendaftar ikut kelas spinning." Tentu Anda mengenal banyak teman yang seperti imun terhadap "panggilan" atau tawaran apa pun yang cenderung berakhir dengan memasukkan makanan atau minuman ke dalam perut. Tertarik mengetahui rahasia suksesnya? Anda perlu tahu bahwa bila berhasil menolak tawaran makan, maka sama halnya dengan selama ini melatih "otot" baru yang disebut juga kemauan.

Ini serius. Para peneliti menemukan bahwa setiap orang bisa melatih kemauan mereka, seperti melatih otot kaki atau otot tangan."Dengan berlatih, otot kontrol diri Anda akan menjadi lebih kencang, hingga kemauan Anda akan lebih kuat, dalam hal ini untuk menjaga berat badan," kata Nathan DeWall, Ph.D, pakar Psikologi Sosial di Universitas Kentucky, Kensington.

Maka kami pun meminta para pelopor bidang self regulation (ya, inilah istilah akademis untuk self-control) membagikan tip mudah soal latihan menahan diri. Cobalah, dan segera Anda akan termasuk mereka yang penuh determinasi menukar minumannya dengan produk rendah kalori serta bangun lebih pagi agar bisa berolahraga.

1. Picu kekuatan otak. "Meditasi akan mengharuskan Anda 'menyentuh' sistem self-regulation dalam tubuh, selain melatih bagian otak yang mengontrol diri," cetus Kelly McGonigal, Ph.D., psikolog kesehatan dari Stanford University. Ia juga penulis buku The Willpower Instinct. Setiap kali bermeditasi, Anda akan mengaktifkan dua bagian otak: prefrontal cortex dan anterior cingulate cortex. Prefrontal cortex adalah bagian otak yang digunakan saat harus membuat keputusan cerdas berhubungan dengan proses memilih sesuatu. Anterior Cingulate Cortex adalah bagian otak yang akan membantu menentukan kapan harus memutuskan sesuatu dan kapan harus diam saja.

Semakin sering melatih dua bagian otak ini akan membuat Anda semakin mudah mengaktifkannya ketika diperlukan. Artinya, Anda akan makin bijaksana memutuskan sesuatu. "Pada akhirnya akan timbul kesadaran ketika melakukan sesuatu yang bertentangan dengan tujuan utama Anda," urai McGonigal.
Cara Berlatih: Lakukan meditasi satu menit, tiap hari mulai minggu ini. Mulailah dengan duduk diam, menutup mata, dan menghitung napas. Hitung dari satu hingga sepuluh, lalu mulai lagi dari awal. Jika saat menghitung, pikiran Anda mulai melayang ke hal-hal lain, ulangi meditasi dari awal.

2. Jadilah pemimpi yang skeptis. Saat menentukan tujuan diet, Anda termasuk tipe yang mana? (a) Wishful Thinker, tandanya Anda membayangkan penampilan prima dalam skinny jeans. (b) Tukang Protes, Anda akan fokus pada kesulitan yang bakal menghadang: susahnya menolak makanan saat pesta dan cemas bahwa orang lain akan menilai Anda "kurang asyik menikmati hidup". Sebetulnya, kedua tipe tersebut bisa merugikan dalam konteks pencapaian tujuan diet. Namun, anehnya, melakukan keduanya sekaligus ternyata justru berakibat sebaliknya. Mereka yang bisa membayangkan hasil akhir sebuah proses sekaligus memikirkan halangan yang dihadapi ternyata lebih terinspirasi mencapai tujuan dibanding mereka yang hanya berpikir tentang salah satunya. Ini adalah hasil penelitian dari New York University dan University of Hamburg di Jerman.

Cara Berlatih: Apakah Anda punya tujuan jelas saat ingin menurunkan berat badan? Coba bayangkan suasana hati Anda jika bisa mengenakan lagi skinny jeans yang selama ini teronggok di lemari. Rasakan mudahnya celana tersebut dikenakan, tak perlu menariknya keras-keras. Bayangkan pujian dari teman-teman yang melihat tubuh Anda singset dan sexy. Setelahnya, pikirkan semua godaan yang mungkin menghalangi Anda mendapatkan tubuh langsing: godaan jajan tiap sore, tak sanggup bangun pagi untuk lari pagi gara-gara begadang atau godaan kecil macam keinginan ngemil keju yang lezat. (fitness/yel)

Artikel Lanjutan: Cara Kuatkan Tekad Agar Diet Sukses II

Source: Fitness Magazine, Edisi Januari 2012, Halaman 77

Provided by:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment