Obat Kumur Efektif Bersihkan Karang Gigi

iklan
Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Obat Kumur Efektif Bersihkan Karang Gigi
Dec 24th 2011, 11:21

Liputan6.com, California: Para peneliti dari University of California, Amerika Serikat, menemukan bahwa obat kumur efektif melawan karang gigi. Wenyuan Shi, yang memimpin penelitian, itu mengembangkan obat kumur yang dapat membunuh bakteri penyebab karang gigi.

Para ilmuwan meneliti, bagaimana bakteri berinteraksi dalam koloni mereka, hingga menciptakan plak pada gigi. Ternyata, bakteri mengubah partikel makanan menjadi asam, menghancurkan email gigi, kemudian menyebabkan kerusakan gigi. Akumulasi plak yang terbentuk dalam jangka waktu lama menyebabkan penyakit gusi, bahkan risiko kehilangan gigi.

Untuk memerangi bakteri tersebut, para dokter menggunakan bahan antibakteri bernama peptida antimikroba (STAMPs). Bahan tersebut berhasil memengaruhi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan pembusukan gigi dan tidak memengaruhi bakteri lainnya.

Teknologi itu berbeda dari penggunaan antibiotik, yang membunuh semua bakteri tanpa pandang bulu. Produk itu juga telah diuji kepada 12 pasien selama empat hari berturut-turut. Hasilnya, hal tersebut secara signifikan mengurangi perkembangan bakteri perusak gigi itu.

Wenyuan Shi sendiri diperkenankan untuk meneliti lebih lanjut, untuk memproduksi produk obat kumur itu agar dapat dipasarkan. Namun para ahli menekankan bahwa jika produk memasuki pasar, agar hasilnya lebih efektif, menyikat gigi tetap tak boleh ditinggalkan. Hal tersebut memang harus dilakukan sebelum menggunakan obat kumur.(Health/SHA)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment