Sugiri Syarief: Operasi Caesar Keputusan Dokter

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Sugiri Syarief: Operasi Caesar Keputusan Dokter
Dec 23rd 2011, 09:34

TREN para calon orangtua memilih hari lahir bagi anak-anak mereka melalui operasi caesar dikecam sejumlah ulama, bahkan diharamkan. Bagaimana pendapat Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Sugiri Syarief?


Menurut Sugiri, operasi caesar seharusnya merupakan pilihan terakhir tindakan medis yang diambil pada saat persalinan. Untuk dilakukan operasi caesar, butuh alasan medis yang kuat berkenaan dengan kondisi ibu maupun bayinya.

"Kalau dari sisi medis, kalau tidak ada indikasi apa-apa, ya tidak ada caesar," kata Sugiri saat ditemui okezone usai menggelar forum komunikasi Bakohumas BKKBN di Park Hotel, Jakarta, Jumat (23/12/2011).

Ditambahkan Sugiri, wewenang untuk memutuskan tindakan operasi caesar harus ada pada dokter, bukan berdasarkan permintaan pasien. Dokter diharapkan dapat memberikan wawasan persalinan yang tepat, sesuai kondisi pasien. Dokter juga harus sanggup tegas menolak keinginan pasien untuk melakukan operasi ceasar, jika tanpa disertai alasan medis yang kuat.

"Dokter jangan justru menggaet pasien untuk melakukan operasi. Karena kuncinya dokter, kok. Kalau pasien minta tapi dokternya enggak mau, mau apa?" tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, tren memilih hari lahir melalui operasi ceasar diharamkan karena dianggap melanggar hukum Islam. Selain itu, tanpa alasan medis yang jelas, tindakan operasi caesar dianggap dapat membahayakan diri sendiri.

Kesimpulan ini dituangkan dalam rumusan Bahtsul Masail Forum Musyawarah Pondok Pesantren ke-24 di Pondok Pesantren Al Falah, Trenceng, Tulungagung, Jawa Timur. Forum musyawarah tersebut diikuti 450 santri dari 200 pondok pesantren se-Jawa dan Madura. (tty)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment