Tips Jitu Hadapi Wawancara Kerja

iklan
KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Tips Jitu Hadapi Wawancara Kerja
Jan 27th 2012, 00:00

Lakukan lima hal ini agar proses wawancara kerja Anda berjalan mulus.

KapanLagi.com - Tidak perlu cemas atau khawatir mengenai proses wawancara yang harus dihadapi, dengan lima tips berikut, Anda pasti bisa menghadapi wawancara kerja dan kemungkinan besar akan sukses melaluinya.

1. Lakukan Wawancara Imajinasi

Untuk menghindari grogi saat wawancara sedang berlangsung, lakukan wawancara imajinasi pada malam sebelum Anda akan melakukan wawancara. Tatap cermin dan jawab pertanyaan yang biasanya diajukan saat wawancara kerja. Cara ini bisa meningkatkan rasa percaya diri dan membuat Anda lebih siap menghadapi wawancara yang sesungguhnya.

2. Beri Pujian dan Kontak Mata

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tidak sungkan memuji dan mengungkapkan prestasi yang diraih perusahaan tempat mereka melakukan wawancara kerja lebih mungkin untuk diingat dan lolos seleksi wawancara, dibandingkan dengan mereka yang hanya membanggakan prestasi dan kemampuan diri sendiri. Hal lain yang akan membuat wawancara sukses adalah menjaga kontak mata dengan orang yang mewawancarai Anda. Yang harus Anda ingat, jangan memuji dengan berlebihan, karena Anda akan tampak seperti 'penjilat'.

3. Jabat Tangan Mantap dan Senyum Tulus

Memberikan jabat tangan yang mantap akan membuat Anda terlihat percaya diri, tidak 'lembek' dan tidak arogan. Mungkin Anda merasa gugup, tetapi ada cara mudah untuk melenyapkan gugup, yaitu dengan tersenyum. Sebuah senyum bisa menggambarkan bahwa Anda adalah pribadi yang hangat dan bersahabat. Pastikan Anda memberikan senyum yang tulus dan tidak terkesan terpaksa. Ingat, pewawancara sudah terlatih untuk membaca bahasa tubuh ratusan calon pegawai.

4. Ungkap Kelemahan di Awal, Ungkap Prestasi di Akhir

Biasanya wawancara akan diisi dengan pertanyaan, "Apa kelemahan dan kelebihan Anda?". Sebagai manusia, Anda memiliki keduanya. Maka cara terbaik untuk menyampaikan kelemahan tanpa merusak reputasi Anda adalah mengungkapkannya terlebih dahulu, kemudian perlahan ungkap apa saja keunggulan diri Anda dan bagaimana Anda bisa mengatasi kelemahan tersebut. Tak lupa berikan prestasi yang pernah Anda capai. Dengan cara itu, pewawancara akan mengingat keunggulan Anda, bukan sebaliknya.

5. Pastikan Mereka Mengingat Anda

Anda mungkin akan diingat jika datang memaki rok dengan ukuran satu jengkal di atas lutut, tetapi apakah mereka akan mengingat Anda dalam sudut pandang yang baik? Tidak. Tugas Anda adalah membuat mereka mengingat Anda dengan cara yang benar. Berdasarkan laporan pada tahun 2011, mereka yang sering mengatakan "Umm.." atau "Ngg..." lebih jarang diingat dan cenderung tidak lolos tahap wawancara. Mereka yang menjawab dengan percaya diri dan tampil profesional lebih berkemungkinan lolos dalam seleksi ini. (wo/wsw)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment