Aerobik Menjadikan Otak Lebih Sehat

iklan
Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Aerobik Menjadikan Otak Lebih Sehat
Sep 2nd 2011, 15:16

Liputan6.com, Washington DC: Olahraga jenis aerobik dapat menjaga otak agar tetap sehat diusia lanjut. Baru-baru ini sebuah penelitian dari University of North Carolina di Chapel Hill School of Medicine, membuktikan bahwa orang berusia lanjut yang rajin melakukan aerobik terhindar dari penyakit stroke. Pasalnya, aliran darah ke pembuluh darah otak tetap berjalan lancar karena sedikit liku di otak. Hidup mereka pun jauh lebih sehat.

Elizabeth Bullitt, MD, Van L., seorang ahli bedah saraf, memimpin penelitian menggunakan non-invasif magnetic resonance (MR) atau angiografi, untuk memeriksa jumlah dan bentuk pembuluh darah di otak orang tua yang masih aktif secara fisik. Sebanyak tujuh orang pria dan wanita berusia 60 sampai 80 tahun menjadi responden dalam peneletian ini.

Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama yaitu mereka yang sering melakukan aerobik atau kegiatan fisik lainnya selama minimal 180 menit per pekan dan selama 10 tahun terakhir berturut-turut. Kelompok kedua, hanya memiliki aktivitas fisik rendah berkisar 90 menit per pekan dan tidak punya sejarah olahraga teratur.

Hasilnya, mereka yang aktif aerobik dan melakukan aktivitas fisik lain memiliki bentuk otak dengan liku-liku sedikit. Mereka yang kurang aktif bergerak memiliki otak dengan liku-liku banyak yang memungkinkan peredaran darah ke otak menjadi lebih sulit.(Zeenews/ADO)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment