Postur Tegak Bisa Kurangi Rasa Sakit

iklan
KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Postur Tegak Bisa Kurangi Rasa Sakit
Sep 2nd 2011, 00:00

Mengaku keren tapi postur tubuh kok masih membungkuk..

KapanLagi.com - Sejak kecil, anjuran untuk duduk dan berdiri dengan tegak selalu diserukan oleh para guru dan orang tua kita. Namun tidak banyak yang paham pentingnya postur tubuh yang tegak. Memang sih, selama Anda tidak terlalu membungkuk hingga terlihat aneh, kebanyakan orang tidak memasalahkannya.

Ternyata postur tubuh yang tegak ini bukan sekedar senjata mendisiplinkan seseorang, tapi juga bermanfaat positif untuk tubuh. Para peneliti baru-baru ini menemukan bahwa postur tubuh yang baik tidak saja memberikan kesan yang baik, namun juga meningkatkan ketahanan Anda pada rasa sakit. Penelitian itu juga menemukan bahwa postur bungkuk membuat tubuh lebih sensitif pada sesuatu yang membuat tidak nyaman.

Penelitian ini dilakukan dengan cara melingkarkan band pengecek tekanan darah pada lengan relawan, kemudian band tersebut dipompa hingga relawan mulai merasa sakit. Relawan tersebut kemudian diminta untuk melakukan satu dari tiga pose yoga selama 20 detik sebelum diminta untuk melakukan tes lagi.

Dilaporkan dalam Journal of Experimental Social Psychology, melakukan pose yoga yang banyak mengharuskan punggung lurus dan kaki sedikit terbuka bisa meningkatkan ketahanan pada rasa sakit.

Uniknya lagi, para peneliti kemudian mengamati apakah efek berdiri tegak ini memengaruhi orang lain dan ketahanan rasa sakitnya. Para peneliti duduk bersama relawan kemudian membahas sesuatu. Rasa sakit diukur sebelum dan sesudah percakapan. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa ketika si peneliti duduk tegak, para relawan cenderung duduk bungkuk dan kepekaan terhadap rasa sakitnya pun meningkat.

Oleh karena itu para peneliti kemudian menyarankan, ketika Anda merasa sakit atau tidak enak badan, tegakkan punggung Anda dan busungkan dada. Biasanya orang yang tidak enak badan justru akan menekuk dirinya, padahal ini justru membuat seseorang semakin tidak bisa mengatasi rasa sakit. So, biasakan untuk selalu berpostur tegak. Baik untuk penampilan, baik untuk kesehatan! (wo/miw)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment