Kembali Bekerja Setelah Lama di Rumah

iklan
KOMPASfemale
KOMPASfemale
Kembali Bekerja Setelah Lama di Rumah
Sep 2nd 2011, 01:45

KOMPAS.com - Demi membesarkan anak-anak, banyak ibu bekerja yang meninggalkan karier di kantor dan beralih menjadi ibu full time di rumah. Namun, tak jarang begitu anak-anak sudah semakin besar, para ibu ini akan punya keinginan untuk kembali bekerja. Pertanyaannya, apakah ini mungkin?

Menurut Mary Ann Blackwell, career coach profesional dari Washington, hal ini mungkin saja. "Semua itu bergantung pada seluas apa networking dan hubungan profesional Anda," katanya. Jika selama di rumah Anda tetap menjaga kontak dengan rekan kerja, atasan, perusahaan, bahkan klien, Anda bisa dengan lebih mudah mendapatkan pekerjaan begitu ingin kembali berkarier.

"Delapan puluh persen wanita yang berkarier mendapatkan pekerjaan mereka melalui networking," kata Blackwell. "Jadi, jika menjadi ibu penuh waktu adalah pilihan Anda, lakukanlah. Tapi, jangan putuskan hubungan dengan dunia kerja Anda."

Sebagai langkah pertama untuk kembali ke dunia kerja, tidak ada salahnya Anda menghubungi perusahaan tempat Anda pernah bekerja. Menurut Ellen Dunagan, konsultan seputar strategi karier dari Arlington, kebanyakan perusahaan lebih suka mempekerjakan mantan karyawan daripada orang-orang baru yang harus belajar dari awal lagi. Tentu saja, dengan catatan selama bekerja di sana Anda memperlihatkan hasil kerja yang memuaskan.

"Semakin lama Anda pernah bekerja di sana, peluang untuk kembali akan semakin besar," tambah Dunagan.

Selain kembali ke perusahaan lama, alternatif lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah beralih profesi atau kembali ke profesi yang sama tetapi satu posisi di bawahnya. "Terkadang, langkah mundur seperti ini perlu dipertimbangkan," kata Blackwell.

Namun, sebagian wanita akan memilihnya karena pekerjaan itu menawarkan jadwal kerja yang lebih fleksibel, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan keluarga. "Semua ini sekali lagi tergantung pada sejauh mana Anda dapat tetap menjaga hubungan dengan network dan memertahankan skill yang telah dicapai," kata Blackwell.

Sent from Indosat BlackBerry powered by

Sumber: QuintCareers

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment